Perjalanan Panjang Menuju 'Game of Thrones' Musim 8

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 14/04/2019 08:49 WIB
Perjalanan Panjang Menuju 'Game of Thrones' Musim 8 'Game of Thrones' musim 8 segera tayang. (Dok. HBO/Helen Sloan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Game of Thrones mencapai musim kedelapan, musim final yang dinanti-nanti penggemar. Musim ini akan menjadi perebutan takhta terakhir, pertempuran pemungkas di benua Westeros, musim salju paling menakutkan sekaligus takdir cinta sedarah.

Penggemar Game of Thrones sudah menunggu satu tahun delapan bulan untuk menyaksikan musim ini, lebih lama dari musim-musim Game of Thrones sebelumnya yang hanya berjarak setahun.

HBO sebenarnya berencana merilis Game of Thrones musim kedelapan pada pertengahan 2018.


Namun rencana itu kandas karena pemain dan kru butuh waktu istirahat agar dapat memaksimalkan kinerja. Artinya, kru dan pemain akan 'mati-matian' di musim ini.

Artinya lagi, musim ini akan dibuat spesial.


Pertama, HBO baru mengumumkan kepastian tanggal rilis Game of Thrones musim kedelapan pada Januari lalu. Kedua, kerahasiaan cerita perebutan Iron Throne juga dijaga ketat.

Pada musim ketujuh, HBO memang 'digoyang' masalah peretasan.

Kini untuk musim kedelapan, mereka membuat berbagai antisipasi agar hal serupa tidak terjadi lagi. Presiden Program HBO Casey Bloys pernah mengatakan, tim produksi Game of Thrones akan membuat beberapa alternatif akhir cerita untuk menghindari kebocoran.

Tim produksi juga menutup rapat-rapat naskah cerita, bahkan terhadap para bintangnya sendiri. Aktor Nikolaj Coster-Waldau yang berperan sebagai Jaime Lannister menjelaskan ia tidak menerima naskah fisik dan naskah penuh.

Para pemain 'Game of Thrones.'Para pemain 'Game of Thrones.' (REUTERS/Mario Anzuoni)
"Jadi sekarang kami bahkan tidak mendapat naskahnya. Sekarang, saat kami akan melakukan adegan, kami akan diberi tahu apa yang akan terjadi, lalu kami jalan," kata Coster-Waldau seperti dikutip AceShowbiz 2017 lalu.

Aktor berusia 48 tahun ini memastikan, HBO tidak ragu mengambil langkah ekstrem untuk melindungi naskahnya. Mereka bahkan hanya memberi earphone sebelum mulai melakukan adegan kepada para aktornya untuk memberi tahu akan seperti apa syuting berjalan.

Sepertinya rencana itu sukses. Sampai saat ini belum ada bocoran cerita Game of Thrones.

Pernah ada yang bilang memang, bahwa durasi setiap episode akan sangat panjang, mencapai 90 menit. Namun bocoran itu ternyata salah. Tidak ada satu pun episode yang berdurasi 90 menit. Episode 1 berdurasi 54 menit, episode 2 berdurasi 58 menit, episode 3 berdurasi 82 menit, episode 4 berdurasi 78 menit, episode 5 dan 6 masing-masing berdurasi 80 menit. Musim delapan memang hanya memiliki enam episode, musim 'terpendek' yang pernah ada.


Episode 3 akan menjadi episode berdurasi terpanjang dalam sejarah Game of Thrones. Sebelumnya, rekor durasi terpanjang dipegang episode 7 musim ketujuh, selama 79 menit 43 detik. Episode terakhir itu banyak kejadian yang seru dan mengagetkan.

Kemungkinan besar di episode 3 musim kedelapan juga akan tersaji adegan seru nan mengangetkan. Pasalnya episode ini disutradarai oleh Miguel Sapochnik yang sering menggarap episode dominan adegan perang, seperti Hardhome (episode 8 musim kelima) dan Battle of the Bastards (episode 9 musim keenam).

Seakan tak rela Game of Thrones berakhir, HBO membuat cerita di balik produksi drama sejarah itu menjadi film dokumenter bertajuk Game of Thrones: The Last Watch.

Film dokumenter itu akan tayang sepekan setelah serial itu berakhir, pada 27 Mei 2019. Ia diarahkan oleh sutradara Jeanie Finlay dan bakal berdurasi dua jam.


Film ini disebut lebih dari sekadar dokumenter di balik layar produksi, melainkan juga kisah seru, menyentuh, yang diceritakan dengan kocak dan akrab, tentang perjalanan suka duka 'menciptakan sebuah dunia' dan akhirnya harus berpisah dari itu semua.

[Gambas:Video CNN] (adp/rsa)