Iwan Fals Dedikasikan 'Rosana' untuk Istri

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 11:29 WIB
Iwan Fals Dedikasikan 'Rosana' untuk Istri Iwan Fals mempersembahkan album terbaru ini untuk Rosana, sang istri. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi senior Iwan Fals merilis album terbaru pada Senin (15/4) malam di kediamannya di Leuwinanggung, Jawa Barat. Album Iwan ke-39 ini merupakan persembahan untuk sang istri, Rosana, yang namanya diabadikan sebagai judul album tersebut.

"Album ini untuk perempuan biasa yang sudah 40 tahunan menemani saya, melahirkan empat orang anak, almarhum Galang, Cikal, Raya, serta almarhum kakaknya Raya. Ini catatan yang saya buat, di saat saya jatuh sakit tak berdaya," ungkap Iwan dalam acara peluncuran album.

Menurut Iwan, sebagian besar lagunya ia tulis selama proses penyembuhan usai mengalami cedera di bagian lengan kiri pada Mei tahun lalu. Selain mengisi waktu luang, ia mengaku sengaja menciptakan sejumlah lagu untuk kado ulang tahun sang istri, yang jatuh pada 9 Oktober.


"Saya sudah kasihkan album ini ke dia pertama kali pas ulang tahunnya. Total ada 18 lagu, tapi yang dimasukkan ke album ini hanya 12," ujar Iwan.


Perjalanan cinta Iwan dan istri menjadi materi album 'Rosana'. Kisah dimulai dari bagaimana Iwan melamar Rosana di usia muda, membangun biduk rumah tangga, mengurus anak-anak, hingga kini telah hidup bersama selama lebih dari 40 tahun.

Hal itu terungkap saat Iwan melantunkan lagu-lagu barunya. Ia membeberkan sejumlah fakta di balik tiap lagu yang serta dalam album.

"Ini menjadi penting karena sebagai dasar hubungan kami. Berangkat untuk menjadi keluarga, cerita awal saya meminta untuk dia jadi ibu dari anak-anak saya nantinya," tuturnya sebelum menyanyikan lagu 'R1: Mulanya'.

"Waktu itu awal 80, aku lamar kamu jadi istriku/ Mulanya, biasa saja/ Kuajak kamu sambil cengengesan/ Entah apa yang buatku nekat begitu/ Aku pun tak tahu bagaimana menghidupimu/ Hanya gitar dan lagu-lagu yang kupunya," lantun Iwan.


Album 'Rosana' dijadwalkan rilis secara digital di pekan depan. Iwan mengatakan, ia berencana mengeluarkan box set atau paket khusus pada awal Mei mendatang. Isi paket terdiri dari album dan peralatan lukis, yakni dua buah kanvas, kuas, cat acrylic, booklet serta palet.

Menurut putri Iwan, Annisa Cikal Rambu Bassae, isi paket itu sengaja menyesuaikan dengan kegiatan Iwan yang sedang aktif melukis.

"Kami ingin orang mendapat pengalaman, yang mana saat mendengarkan lagunya bisa sambil berimajinasi, membuat karya lukis. Jadi mereka membuat kover album ini sendiri, dengan imajinasi mereka akan lagu-lagunya," kata Cikal seraya menambahkan bahwa rilisan khusus itu hanya akan berjumlah 500 buah.

Sepanjang kariernya, Iwan telah merilis karya berjumlah 39 album dan 380 buah lagu. Tidak hanya tentang sang istri, sebelumnya Iwan dikenal kerap menuliskan lagu yang terinspirasi dari anggota keluarga.

Di antaranya adalah lagu tentang putra sulungnya, Galang Rambu Anarki di album 'Opini' (1982), kemudian Cikal di album 'Cikal' (1991), serta mengenai si bungsu Raya di album 'Raya' (2013).

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)