'In The End', Album Terakhir The Cranberries Rilis Pekan Ini

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 25/04/2019 21:33 WIB
'In The End', Album Terakhir The Cranberries Rilis Pekan Ini The Cranberries pada Jum'at (26/4) akan merilis album terakhir bertajuk 'In The End', berisi suara vokal mendiang Dolores O'Riordan saat demo. (AFP PHOTO / Joël SAGET)
Jakarta, CNN Indonesia -- Band The Cranberries masih ada meski vokalisnya Dolores O'Riordan sudah meninggal tahun lalu. Kini band asal Irlandia ini hanya dihuni basis Mike Hogan, gitaris Noel Hogan dan drumer Fergal Lawler.

Pada Jum'at (26/4) pekan ini mereka akan merilis album terakhir bertajuk In The End. Mereka bersumpah tidak akan mencari vokalis pengganti Dolores dan berharap penggemar menyukai album tersebut.

Januari kemarin mereka merilis lagu All Over Now sebagai single pertama In The End. Lagu itu masih dinyanyikan oleh Dolores, suara sopranonya sangat khas dan seperti tidak tergantikan.


Bukan hanya All Over Now, 10 lagu lain dalam In The End juga dinyanyikan oleh Dolores. Beruntung, Dolores sempat merekam demo vokal yang tersimpan dalam hard drive.


Diberitakan Associated Press, hard drive itu dikirim dari rumah Dolores di New York, Amerika Serikat, dan berhasil selamat sampai ke tangan personel The Cranberries.

"Itu seperti memenangkan lotre, dan begitulah, kami memiliki lagu," kata Noel mengingat proses pembuatan album.

Sebelum masuk studio rekaman, band yang terbentuk pada 1989 ini ingin membuat album yang sangat berkualitas. Mereka sepakat tidak akan merilis album tersebut bila dirasa tidak sesuai keinginan.

Semua personel merasa senang mendengar rekaman demo vokal Dolores yang sangat bagus dan kuat. Lewat suara itu, Dolores seperti memberikan gairah yang belum pernah ia lakukan selama masa hidup.

"Saat Dolores rekaman demo vokal, dia seperti menaruh (perasaan pribadi) dan lagu-lagu ini terasa sangat emosional. Lagu-lagu itu tentang masa hidup yang cukup sulit baginya dan dia ingin menuliskan di atas kertas lalu melewati (masa itu)," kata Lawler.


Proses rekaman album In The End sangat personal bagi personel yang tersisa, Mike (adik Hogan) dan produser Stephen Street. Semua mendengarkan suara Dolores dengan khusyuk melalui headphone.

Hogan mengingat saat kali pertama mendengar suara Dolores saat rekaman lagu Linger. Ia menyaksikan bagaimana suara soprano Dolores dan teknik pernapasan untuk mencapai nada tinggi.

"Kami bertatapan dan saya berkata, 'Dari mana suara itu datang?', karena dia sangat kecil dan mungil, kalian tidak mengekspektasi itu. Dia berkembang sejak saat itu. Seiring berjalannya waktu dia semakin baik," kata Hogan.

Ibu O'Riordan, Eileen O'Riordan, menyatakan mendukung band putrinya. "Saya tidak bisa memikirkan cara lain yang lebih tepat untuk mengenang setahun kepergian Dolores dan untuk merayakan kehidupannya dari mengumumkan kepada dunia tentang album final bersama bandnya," katanya.

[Gambas:Youtube]

Dolores O'Riordan ditemukan meninggal di kamar hotel sewaan pada 15 Januari 2018. Di kamarnya, ditemukan sejumlah botol minuman mengandung alkohol yang sudah kosong.

The Cranberries telah bersama sejak akhir 1980-an, namun baru benar-benar meraih sukses di 1990-an dengan lagu-lagu hit seperti Just My Imagination, Animal Instinct, When You're Gone dan Linger.

Dengan vokal berkarakter dan melodi khas, The Cranberries menjadi salah satu band berpengaruh di eranya.

Pada 2003, band memutuskan hiatus. Dalam kesempatan ini, O'Riordan pun menjajal bersolo karier dengan dua album, Are You Listening? (2007) dan No Baggage (2009). Pada 2009, The Cranberries memutuskan reuni dengan menggelar sebuah tur dunia. (adp/end)