Sekuel Film Dokumenter 'Surviving R Kelly' dalam Penggarapan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 29/04/2019 07:20 WIB
Sekuel Film Dokumenter 'Surviving R Kelly' dalam Penggarapan Masalah yang membelit penyanyi R Kelly tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat. (REUTERS/Andrea De Silva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah lanjutan dari film dokumenter 'Surviving R Kelly' disebut sedang dalam pengerjaan. Bertajuk 'Surviving R Kelly: The Impact', dokumenter tersebut dipandu oleh Soledad O'Brien.

Dilansir dari NME, sekuel ini akan berdurasi dua jam. Kali ini, dibicarakan bagaimana dampak sosial dari pelecehan seksual yang dituduhkan kepada penyanyi R Kelly, juga keseluruhan kasus dipandang secara keseluruhan. Surviving R Kelly pertama kali ditayangkan pada Januari 2019 di jaringan televisi Lifetime, sementara sekuelnya dijadwalkan rilis di AS pada 4 Mei mendatang.

Pada Kamis lalu, seorang wanita yang menuduh Kelly melecehkannya secara seksual dinyatakan memenangkan kasusnya di pengadilan. Wanita tersebut mengaku dipaksa berhubungan dengan sang penyanyi ketika ia berusia 16 tahun. Ia memasukkan tuntutannya hanya selang sehari sebelum Kelly ditahan untuk pertama kalinya dengan 10 tuduhan serupa.


Pengacara wanita yang tak disebutkan namanya itu, Jeffrey Deutschman mengklaim kliennya adalah salah satu dari empat orang pertama yang menuduh Kelly melakukan pelecehan terhadap gadis-gadis di bawah umur. Klien Deutschman hanya disebut dengan inisial HW.


Robert Sylvester Kelly diketahui sedang menghadapi permasalahan berat sejak awal tahun ini. Penayangan Surviving R Kelly membuka dugaan penyanyi 52 tahun itu melecehkan banyak sekali wanita, termasuk para gadis di bawah umur.

Akibatnya, karier Kelly seolah terhenti. Secara beruntun, label memutuskan kontrak, para kolaborator seperti Lady Gaga mencabut lagunya bersama Kelly, dan ia kesulitan mendapatkan panggung, bahkan di luar AS.

Melalui pengacara, Kelly membantah segala tuduhan pada Januari lalu. Steve Greenberg berbicara kepada Associated Press, "Tuduhan itu tidak benar karena dia [Kelly] tidak pernah secara sengaja melakukan hubungan seksual dengan wanita di bawah umur. Dia [Kelly] tidak pernah memaksa siapapun untuk melakukan apapun, dia tidak pernah menahan siapapun, dia tak pernah melecehkan siapapun," ucapnya.

Pemilik megahit I Believe I Can Fly itu pun dikabarkan mengalami kebangkrutan, dengan begitu banyak nominal yang harus dikeluarkannya, dan begitu sedikit kesempatan manggung didapatnya. Ia dilaporkan sempat hanya memiliki $625 atau Rp8,8 juta dan sejumlah rekening bersaldo minus.


Baru-baru ini, Kelly mengunggah video di akun Twitter, meminta agar media tidak bersikap terlalu keras padanya karena ia dijadwalkan manggung di sebuah klab di Illinois.

"Yo, ini Kells. Saya punya acara untuk diselesaikan di Springfield, Illinois malam ini jadi saya ingin agar media bersikap baik. Ini cara saya mendapat uang saat ini," katanya dalam video tersebut.

(rea)