Demam 'Avengers: Endgame' Diduga Bakal Berumur Panjang

Tim, CNN Indonesia | Senin, 29/04/2019 11:46 WIB
Demam 'Avengers: Endgame' Diduga Bakal Berumur Panjang Dipersiapkan sedemikian rupa selama bertahun-tahun, 'Avengers: Endgame' berhasil menyebarkan 'wabah' baru ke seluruh dunia. (dok. Marvel Studios via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sukses 'Avengers: Endgame' benar-benar masif. Film yang baru rilis pada 26 April lalu, dengan beberapa negara mendahului termasuk Indonesia, telah memecahkan sejumlah rekor box office di berbagai belahan dunia.

Endgame dilaporkan Ace Showbiz menjadi film dengan pendapatan terbesar di minggu pertama sepanjang sejarah, meraup $350 juta atau Rp5 miliar dari penjualan tiket domestik saja. Artinya, film ini berhasil menggeser 'Avengers: Infinity War' yang mengumpulkan $258 miliar atau Rp3,6 miliar.

Film yang menceritakan perlawanan para Avengers setelah peristiwa luar biasa Thanos menghancurkan setengah semesta ini juga memecahkan rekor global dengan $1,2 miliar atau Rp17 triliun. Dengan kata lain, Endgame telah mengalahkan pendahulunya, menjadi yang tercepat yang berhasil mencapai $1 miliar hanya dalam waktu lima hari. Hal yang sama diraih Infinity War dalam hitungan 11 hari.


Tak hanya AS, Endgame juga tercatat mengukir rekor baru di 44 negara lain, termasuk China, Inggris, Korea, Meksiko dan Jepang. Demikian juga untuk rekor tiket pra penjualan, baik di bioskop biasa, 3D maupun IMAX. Disebutkan ada 4,662 bioskop yang memutar rilisan Marvel ini.


Duet sutradara Anthony dan Joe Russo merespons kondisi ini dengan sebuah cuitan di Twitter, menggambarkan rasa terima kasih kepada publik yang telah menunggu dan menyambut Endgame penuh sukacita. "Kami ingin berterima kasih untuk semua orang yang telah berpetualang bersama kami. Kami tumbuh di keluarga besar yang baik, di mana cerita dituturkan di meja makan untuk saling menghibur satu sama lain," tulis mereka.

"Kini kami harus memberitakan cerita-cerita itu kepada dunia. Semua karena kalian...," lanjut cuitan itu.



Direktur Disney, Alan Horn menyebutkan penghargaan kepada Marvel Studio dan bosnya, Kevin Feige atas keberhasilan luar biasa ini. Ia juga memuji talenta-talenta yang terlibat dalam film yang dikatakan menjadi kesimpulan epik para Avengers.

"Keberhasilan monumental di akhir minggu ini adalah bukti kepada dunia tentang apa yang telah mereka bayangkan, para talenta yang terlibat dan gairah mereka, dipadu dengan antusias tak tertahankan dari penggemar di seluruh dunia," kata Horn dalam sebuah pernyataan.


Paul Dergarabedian, analis media senior dari Comscore, mengungkapkan pendapatnya terhadap sambutan dunia kepada Endgame. "Ini akan menjadi akhir minggu terbesar dalam sejarah berondong jagung. Pikirkan bergalon-galon soda dan hot dog yang terjual. Hal ini masih akan berlanjut sepanjang minggu dan minggu-minggu berikutnya," katanya.

"[Demam Avengers] ini punya peluang untuk berumur panjang," lanjutnya.

Endgame tidak hanya sukses secara penjualan tiket. Film ini juga menciptakan wabah baru, di mana semua menjadi serba-Avengers dan orang berbondong-bondong mengklaim dirinya adalah pencinta Marvel. Padahal, untuk benar-benar memahami Endgame, seseorang disebut semestinya menonton 22 film sebelumnya, yang dibuat Marvel dalam 11 tahun terakhir.

[Gambas:Video CNN] (rea)