Polisi Disebut Segera Minta Surat Penahanan Seungri

Tim, CNN Indonesia | Senin, 29/04/2019 15:28 WIB
Polisi Disebut Segera Minta Surat Penahanan Seungri Pihak kepolisian disebut akan segera meminta surat penahanan Seungri ke pengadilan setempat. (JUNG Yeon-Je / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kasus pesohor Korea Selatan Seungri masih terus berlanjut. Kepolisian Korsel dilaporkan siap meminta surat penangkapan sang bintang dalam waktu dekat ini.

Kepala Polisi Distrik Seoul, Won Kyung Hwan memberitahu media pada Senin (29/4) bahwa setelah menyelidiki kasus Burning Sun selama tiga bulan, mereka mulai bisa meletakkan potongan-potongan misteri di tempatnya dan menemukan titik terang. Berdasarkan fakta-fakta itu, polisi disebut akan segera menahan Seungri.

"Investigasi [kasus] Seungri sudah mendekati akhir. Kami akan mencoba menuntaskan penyelidikan atas Seungri minggu ini," kata Hwan, dilansir dari AllKPop.


Merespons pertanyaan mengenai surat penahanan, Hwan mengaku pihaknya akan meminta ke pengadilan, namun perkara dikabulkan atau tidak sepenuhnya merupakan keputusan sang hakim kelak.


"Surat penahanan bisa diminta tergantung keseriusan situasi, kekhawatiran tentang penerbangan (melarikan diri) atau kekhawatiran tindakan menghancurkan barang bukti. Kami tidak bisa menebak jika permohonan penahanan itu diterima," katanya.

"Kami pasti akan meminta surat penahanan, mengacu pada investigasi. Soal apakah dikabulkan atau tidak, itu terserah pengadilan," lanjut Hwan.

Dalam beberapa bulan terakhir, industri hiburan Korea Selatan diguncang skandal yang bermula dari tuduhan pelecehan seksual yang diklaim terjadi di klab malam Burning Sun. Dari sana, masalah menggurita ke berbagai hal lain, menyeret Seungri ke jurang sampai akhirnya ia mengundurkan diri sebagai seorang penampil pada 11 Maret lalu.

Tuduhan-tuduhan yang turut menjerat Seungri termasuk soal penyediaan layanan prostitusi, peredaran dan penggunaan narkoba, menyuap petugas polisi untuk menutupi kegiatan kriminal, penggelapan pajak dan dana klab malam Monkey Museum senilai puluhan juta won, perjudian di luar negeri serta tindakan mengambil dan menyebarkan foto 'panas' secara ilegal.


Tak hanya mantan personel boyband Big Bang itu, pesohor Jung Joon Young, Yong Junhyung, Choi Jong Hoon pun turut mengundurkan diri dari dunia hiburan. Tak berhenti sampai di sana, kasus ini juga menyeret ratusan nama lain, termasuk aktris Indonesia Raline Shah. Sebagai buntut dari kasus ini, Seungri pun tak dapat memenuhi keharusannya menjalani wajib militer, bahkan harus membatalkan konser di Indonesia dan Jepang yang sedianya digelar pada Maret lalu.

[Gambas:Video CNN] (rea)