FOTO: Mengintip Indonesia Lewat 'Dunia dalam Berita'

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 30/04/2019 10:30 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Museum MACAN mengadakan pameran 'Dunia dalam Berita' pada 1 Mei-21 Juli 2019, tentang perkembangan seni kontemporer Indonesia menjelang dan usai Reformasi 1998.

Museum MACAN mengadakan pameran terbaru, ‘Dunia dalam Berita’ yang akan dibuka 1 Mei hingga 21 Juli mendatang. Pameran itu menelaah tentang perkembangan seni kontemporer Indonesia di masa menjelang dan setelah Reformasi 1998. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Terdapat sejumlah karya dari 10 perupa kontemporer kenamaan Indonesia yang bakal dipamerkan, termasuk Agus Suwage, FX Harsono, Heri Dono, I GAK Murniasih, I Nyoman Masriadi, Krisna Murti, Mella Jaarsma, S. Teddy D, Taring Padi, dan Tisna Sanjaya. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Pamerannya diberi tajuk demikian untuk mengenang program televisi yang tayang sejak 1973. Pameran itu pun membahas hubungan antara praktik berkesenian dan pengaruh peristiwa politik pada periode penting perjalanan Indonesia. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Dalam pameran di Museum MACAN, ‘Dunia dalam Berita’ diinterpretasi ulang sebagai cara-cara para perupa melihat dunia lewat pemberitaan dan media massa. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Mella Jaarsma dan I GAK Murniasih mengeksplorasi tubuh dalam konteks politis dan gender dalam karya-karya mereka, mewakili identitas politik dalam kritik budaya. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Dalam karya-karya I Nyoman Masriadi, S. Teddy D., Agus Suwage dan Tisna Sanjaya, teks dan visual populer muncul dalam gaya satir yang mengandung komentar kritis seputar peristiwa dan fenomena sosial. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Perupa FX Harsono dan Krisna Murti menggunakan visual dari media massa seperti iklan dan berita untuk memaknai kembali situasi politis dan sosial masa itu.  (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Kelompok perupa Taring Padi mengekspresikan kritik sosial mereka lewat bahasa visual yang menyuarakan perlawanan dan pemberdayaan masyarakat lewat karya spanduk dan poster. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Pameran ‘Dunia dalam Berita’ berlangsung pada 1 Mei hingga 21 Juli 2019. Tiket dijual mulai Rp80 ribu (anak-anak), Rp90 ribu (pelajar), dan Rp100 ribu (dewasa). (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)