Sutradara '2 Fast 2 Furious' John Singleton Meninggal Dunia

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 30/04/2019 05:10 WIB
Sutradara '2 Fast 2 Furious' John Singleton Meninggal Dunia Sutradara John Singleton yang pernah membuat seri kedua Fast and Furious, '2 Fast 2 Furious' meninggal dunia di usia 51 tahun karena stroke. (Robyn BECK / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara John Singleton yang pernah membuat seri kedua Fast and Furious, '2 Fast 2 Furious' meninggal dunia di usia 51 tahun karena stroke.

Hal itu diungkapkan langsung oleh keluarga sutradara yang memulai debut penyutradaraan dalam film 'Boyz n the Hood' yang menuai pujian tersebut.

"Kami sedih menyampaikan bahwa John Singleton telah meninggal," kata pernyataan keluarga, seperti diberitakan Reuters, Selasa (30/4) dini hari waktu Indonesia.


"John meninggal dunia dalam damai, dikelilingi oleh keluarga dan teman-temannya," lanjut pernyataan tersebut.


Pada Senin (29/4), pihak keluarga mengatakan bahwa mereka telah membuat "keputusan menyakitkan" untuk menyerah dengan kondisi Singleton yang telah dirawat di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, sejak mengalami stroke pada 17 April lalu.

Singleton berasal dari kawasan South Central Los Angeles yang merupakan latar dari film pertamanya, 'Boyz n the Hood' (1991). Film itu sendiri mengisahkan persahabatan di tengah situasi bahaya kekerasan oleh gangster.

[Gambas:Instagram]

Dirinya tercatat menjadi sineas kulit hitam pertama dan termuda yang masuk menjadi nominasi Best Director Academy Awards. Ia memperoleh capaian itu pada usia 24 tahun atas film tersebut yang sekaligus ia tulis sendiri.

Ia telah menyutradarai banyak film, salah satunya '2 Fast 2 Furious' dan drama sejarah 'Rosewood'. Ia juga tercatat pernah menyutradarai sejumlah acara televisi, seperti Empire dan Billions.


Baru-baru ini, John Singleton merupakan ko-sutradara dan eksekutif produser dari serial jaringan televisi FX, Snowfall yang mengisahkan awal mula epidemi kokain di Los Angeles.

"Singleton merupakan sosok sutradara yang produktif yang mengubah permainan dan membuka pintu di Hollywood, sebuah dunia yang hanya berjarak beberapa kilometer, namun jauh dari lingkungan tempat dia tumbuh," kata pernyataan keluarga.

"Tak ada yang ia cintai selain memberikan kesempatan bagi bakat baru," lanjut pernyataan tersebut yang merujuk pada sejumlah artis yang meroket di bawah arahannya, seperti Tupac Shakur, Regina King, Ice Cube, dan Taraji P Henson.

[Gambas:Youtube]

Sejumlah sineas dan selebritas papan atas Hollywood pun memberikan penghormatan dan bela sungkawa atas kepergian Singleton.

"John adalah sosok seniman pemberani dan inspirasi sejati. Pandangannya mengubah segalanya," kata sutradara 'Us' Jordan Peele dalam kicauannya di Twitter.



(end)