Pesohor Dunia Berduka atas Kepergian Sutradara John Singleton

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/04/2019 15:45 WIB
Pesohor Dunia Berduka atas Kepergian Sutradara John Singleton Sutradara John Singleton disebut sebagai pembuka jalan bagi para sineas muda. (Robyn BECK / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepergian sutradara John Singleton pada Senin (29/4) kemarin meninggalkan duka mendalam bagi sejumlah pesohor dunia. Bintang-bintang Hollywood seperti Samuel L. Jackson, Halle Berry, Regina King, hingga sutradara Jordan Peele Goldberg mengungkapkan rasa kehilangan mereka akan sosok yang dikenal sebagai pengarah film seri '2 Fast 2 Furious' itu.

"Berduka atas kehilangan rekan kolaborasi dan sahabat, John Singleton," tulis Samuel L. Jackson di Twitter.

"Dia membuka jalan bagi banyak sineas muda, selalu mengingat siapa dirinya dan dari mana ia berasal. Beristirahatlah dalam damai saudaraku. Kau pergi terlalu cepat," lanjut pemeran Nick Fury dalam seri Avengers itu.





Sementara, Regina King yang tampil dalam film pertama Singleton, 'Boyz n the Hood' (1991) membagikan sejumlah potret kenangan dirinya dengan sang sutradara di sebuah unggahan di Instagram.

"Beristirahatlah, Teman. Salah satu hal terbaik yang pernah dilakukan, terima kasih Tuhan telah memberkati kami dengan seorang bernama John Singleton. Rasanya sulit untuk menemukan kata-kata yang bisa saya bagikan tentang betapa berartinya kamu untuk saya. Saya akan selalu mencintaimu, John! Semangatmu akan selalu bersinar terang," tulis King dalam keterangannya.

[Gambas:Instagram]

Halle Berry pun menyampaikan duka cita lewat Twitter. Ia mendoakan sang sahabat juga keluarga yang ditinggalkan, sekaligus mengenang sosok Singleton.


"John Singleton adalah seorang motivator, dia datang dengan semangat dan pemikiran kreatif ketika orang-orang sepertinya tidak memiliki visibilitas yang sama. Dia akan tetap menjadi cahaya di komunitas kami dan hari ini kami merayakan warisannya. Beristirahatlah, Kawan, kami telah kehilangan salah satu dari orang-orang baik," tulisnya

"Mengirimkan seluruh cinta dalam hati saya untuk John Singleton dan keluarganya di waktu ini," tambahnya.






[Gambas:Instagram]



John Singleton meninggal dunia di usia 51 tahun karena stroke. Hal itu diungkapkan langsung oleh keluarga pria yang memulai debut penyutradaraan dalam film 'Boyz n the Hood' yang menuai pujian tersebut.

"Kami sedih menyampaikan bahwa John Singleton telah meninggal," kata pernyataan keluarga, seperti diberitakan Reuters, Selasa (30/4) dini hari waktu Indonesia.

"John meninggal dunia dalam damai, dikelilingi oleh keluarga dan teman-temannya," lanjut pernyataan tersebut.


Pada Senin (29/4), pihak keluarga mengatakan bahwa mereka telah membuat 'keputusan menyakitkan' untuk menyerah dengan kondisi Singleton yang telah dirawat di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, sejak mengalami stroke pada 17 April lalu.

Singleton berasal dari kawasan South Central Los Angeles yang merupakan latar dari film 'Boyz n the Hood' (1991). Film itu sendiri mengisahkan persahabatan di tengah situasi bahaya kekerasan oleh gangster.

Dirinya tercatat menjadi sineas kulit hitam pertama dan termuda yang masuk menjadi nominasi Best Director Academy Awards. Ia memperoleh capaian itu di usia 24 tahun untuk film debut yang naskahnya ia tulis sendiri.

Ia telah menyutradarai banyak film, salah satunya '2 Fast 2 Furious' dan drama sejarah 'Rosewood'. Ia juga tercatat pernah menyutradarai sejumlah acara televisi, seperti Empire dan Billions.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)