'Star Wars' Berduka Kehilangan 'Chewbacca'

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 07:42 WIB
'Star Wars' Berduka Kehilangan 'Chewbacca' Peter Mayhew yang memerankan Chewbacca dikabarkan meninggal dunia di usia 74 tahun. (REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semesta Star Wars berduka. Aktor Peter Mayhew yang memerankan karakter ikonik Chewbacca meninggal dunia pada 30 April lalu.

Mayhew meninggal di rumahnya di Texas Utara, disebut dengan dikelilingi oleh orang-orang terdekatnya. Ia berusia 74 tahun.

Sebuah pernyataan diunggah di akun Twitter resmi Mayhew, mengkonfirmasi berpulangnya aktor yang jadi Chewbacca di serial trilogi orisinal Star Wars itu. "Keluarga Peter Mayhew, dengan banyak cinta dan kesedihan, berat untuk membagi kabar bahwa Peter telah meninggal," tulis pernyataan tersebut.


"Ia meninggalkan kita pada 30 April 2019 sore, dengan keluarga di sisinya di rumahnya di Texas Utara," lanjutnya.




Mayhew diketahui muncul di 'The Empires Strikes Back', 'Return of the Jedi', 'Revenge of the Sith', 'The Force Awakens' dan 'The Star Wars Holiday Special'. Ia aktif di konvensi Star Wars dan sempat pula menulis dua buku, masing-masing bertajuk 'Growing Up Giant' dan 'My Favorite Giant'.

Mempunyai tubuh tinggi besar, menurut Variety hal itu bukanlah gigantisme. George Lucas disebut sebenarnya menginginkan bodybuilder David Prowse untuk memerankan Chewbacca, namun Prowse lebih memilih jadi Darth Vader, sehingga Lucas mengalihkan pilihan kepada Mayhew yang lebih tinggi.

Ia 'ditemukan' oleh produser Charles H. Schneer ketika sedang bekerja di rumah sakit di London. Setelah sukses dengan perannya sebagai Chewbacca yang berusia 200 tahun, Mayhew mendirikan yayasan Peter Mayhew Foundation yang menyediakan dana bagi mereka yang membutuhkan, dan mendukung organisasi-organisasi non-profit seperti Wounded Warriors, Make-a-Wish dan The 501st Legion.


Layanan mengenang Mayhew diadakan oleh pihak keluarga untuk orang-orang terdekat pada 29 Juni, sedangkan peringatan untuk penggemar akan mengambil tempat di Los Angeles pada awal Desember di EmpireCon. Mayhew meninggalkan istri bernama Angie, dan tiga orang anak. (rea)