'Chewbacca' Meninggal, Semesta Star Wars Tertunduk

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 08:47 WIB
'Chewbacca' Meninggal, Semesta Star Wars Tertunduk Chewbacca pertama dalam rangkaian 'Star Wars' meninggal pada Selasa (30/4). (Kevin Winter/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar terkejut, dan seperti seisi galaksi Star Wars menundukkan kepala dalam duka ketika Peter Mayhew dikabarkan meninggal dunia pada 30 April lalu di rumahnya di Texas Utara. Mayhew adalah pemeran Chewbacca pertama dari seri Star Wars.

Berita ini segera mengundang reaksi dari para aktor, aktris dan mereka yang terlibat dalam Star Wars. Sekalipun sudah pensiun, Mayhew disebut tetap amat mencintai perannya sebagai Chewbacca, dan rekan-rekannya memastikan hal itu diketahui dunia.

"Peter Mayhew adalah pria baik dan lembut, memiliki martabat dan karakter yang mulia. Kepribadian ini, ditambah kecerdasan dan karisma, itulah yang dibawanya ke Chewbacca," kata aktor veteran Harrison Ford kepada Variety.


"Kami adalah rekan di film dan kami berteman selama lebih dari 30 tahun dan saya menyayangi dia. Dia menginvestasikan jiwanya di dalam karakter, membawa banyak kegembiraan untuk penonton Star Wars," lanjut Ford.


"Chewbacca adalah bagian penting dari film yang kami buat bersama. Dia tahu betapa penting untuk melanjutkan sukses Star Wars, dan dia mendedikasikan diri. Saya dan jutaan orang lain tidak akan pernah melupakan Peter dan apa yang telah diberikannya. Saya memikirkan istri tersayangnya Angie dan anak-anaknya. Beristirahatlah, Teman," ujar Ford lagi.

George Lucas yang 'menemukan' Mayhew pertama kali kala masih bekerja di rumah sakit punya pandangan serupa tentang Chewbacca pertama itu. "Peter adalah pria luar biasa," katanya.

"Dia adalah manusia yang paling mungkin dekat dengan Wookiee, hatinya besar, pembawaannya lembut... dan saya belajar untuk selalu membiarkannya menang. Dia adalah teman yang baik, dan saya sedih dengan kepergiannya," kata Lucas.

Aktor Mark Hamill, pemeran Luke Skywalker dalam banyak seri Star Wars, menyebut Mayhew adalah pria besar dengan hati yang lebih besar, yang tidak pernah membuatnya gagal tersenyum.


Di media sosial Twitter, Hamill mengunggah beberapa foto Mayhew, termasuk foto dirinya bersama sang aktor dan foto hitam-putih dari salah satu set Star Wars.



Joonas Suotamo, pebasket dan aktor asal Finlandia yang juga memerankan Chewbacca dalam Star Wars Saga, mengatakan bahwa Mayhew menyambutnya dengan hangat ketika pertama kali bertemu. "Sambutan hangat Peter saat saya datang dari luar negeri sebagai penggantinya di 'Force Awakens' sangat berarti bagi saya," katanya.

"Seluruh semesta Star Wars berduka atas kehilangan ini," lanjutnya, yang juga mengunggah kesedihannya di Twitter.




Billy Dee Williams, aktor pemeran Lando Calrissian yang pertama kali muncul dalam 'The Empire Strikes Back' pada 1980, menuliskan bahwa kabar ini menyakiti hatinya.



Bob Iger bos Walt Disney turut mengenang Mayhew, yang disebutnya 'lebih besar daripada hidup'.




Akun Star Wars di Twitter mengunggah kabar duka ini, lengkap dengan sebuah foto hitam-putih. "Kami sangat sedih hari ini mendengar berita meninggalnya Peter Mayhew. Sejak 1976, Peter menggambarkan Chewbacca yang setia dan penuh kasih, yang menjadi bagian integral dari kesuksesan karakternya, dan juga kisah Star Wars itu sendiri," tulis mereka yang diwakili oleh Kathleen Kennedy.



Aktif dalam konvensi-konvensi komik yang kerap dihadirinya, San Diego dan New York Comic Cons tak ayal turut merasa kehilangan Mayhew. Mereka pun menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan kenangan yang diberikan Mayhew.



[Gambas:Video CNN] (rea)