Ulasan Konser

Terbuai Dendangan Musik Ed Sheeran di Jakarta

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Sabtu, 04/05/2019 12:00 WIB
Terbuai Dendangan Musik Ed Sheeran di Jakarta Konser Ed Sheeran di Jakarta, Jumat (3/5) malam. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ed Sheeran tak butuh iringan musik 'full band' atau lampu dramatis untuk menandai konsernya dimulai pada Jumat (3/5) tepat pukul 20:00 WIB. Cukup dengan melenggang santai dari balik panggung lalu mengambil gitarnya sambil tersenyum saja sudah cukup membuat penonton histeris memberi sambutan hangat dan bergembira.

Setidaknya, para pendengar musik Sheeran akhirnya bisa bernapas lega karena sang idola kini menepati janji dengan muncul untuk menghibur secara langsung lewat gelaran konser di Jakarta setelah sempat membatalkan konsernya di Jakarta dua tahun lalu.

Terlebih, penggemar sempat dibuat khawatir setelah Sheeran membatalkan rangkaian konser tur ÷ (Divide) di Hong Kong pertengahan April lalu karena permasalahan cuaca. Beruntung, cuaca Jakarta, pada Jumat (3/5) malam cukup baik sehingga konser yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, dapat terus berjalan.


Tanpa basa-basi, pria kelahiran Halifax, Britania Raya ini membuka konser dengan iringan gitar akustik dan memainkan lagu 'Castle on the Hill' di hadapan puluhan ribu penonton. Tanpa aba-aba, penonton langsung berubah bak paduan suara yang ikut melantunkan syair lagu tersebut dengan beberapa di antaranya memilih mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponselnya.

"Yo Jakarta," teriak Sheeran di tengah lagu pembuka.

Usai menyanyikan lagu hit dari album ketiganya (÷) Divide, ia sempat menyampaikan permintaan maaf karena batal tampil pada 2017. Saat itu, Sheeran mengalami kecelakaan sepeda yang menyebabkan cedera tangan sehingga ia tak bisa memainkan alat musik gitar andalannya. Dokter pun tak memberi izin untuk melanjutkan tur konser sementara waktu, hingga akhirnya ia membatalkan pertunjukan di sejumlah kota, termasuk Jakarta.

Sorak-sorai penonton menggema seolah menjadi penanda permintaan maaf Sheeran diterima. Sang musisi pun lantas melanjutkan aksinya dengan menghentak GBK lewat lagu rap Eraser. 

Terbuai Dendangan Musik Ed Sheeran di JakartaFoto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Cukup memanaskan konser dengan dua lagu bertempo cepat, Sheeran memilih penampilan berikutnya lebih santai sambil sedikit bercerita.

"Tiba juga waktunya, ini adalah penutupan dari tur di Asia, aku sangat amat menikmati turnya. Saya sangat senang bisa bermain di stadion yang besar di negara yang tak berbicara bahasa yang sama denganku," kisahnya.

"Dan berikutnya ini adalah lagu yang aku tulis pada usia 18 tahun," lanjut Sheeran sambil memainkan nada lagu 'The A Team'.

Suasana kian intim saat penonton kompak menyalakan lampu sorot dari ponselnya, menyinari arena stadion. Itu ditambah dengan lantunan suara penonton mengikuti syair yang dinyanyikan Sheeran. 

Tampil menggunakan kaus hitam bertuliskan "Hoax" yang dipadukan dengan celana jeans, Sheeran melanjutkan aksinya selama dua jam secara keseluruhan. Tembang-tembang hit sudah pasti menjadi andalan yang tak henti mengundang penonton ikut berdendang.

Ia membuai para pendengarnya dengan lagu-lagu seperti 'Thinking Out Loud', 'Photograph', 'Perfect', 'Dive', 'Happier', 'Don't', 'Sing', 'Galway Girl', serta lagu ciptaannya yang dinyanyikan oleh Justin Bieber, 'Love Yourself'. Setidaknya ada sekitar 20 lagu yang dibawakan baik secara utuh ataupun medley sambil sesekali berganti gitar

Terlebih, sebelum Sheeran naik ke atas pentas, pertunjukan ini lebih dulu menyuguhkan aksi dari band One OK Rock. Band rock asal Jepang yang dipimpin Takahiro Morita ini mengawali konser Sheeran selama 45 menit dengan membawakan sekitar delapan buah lagu.

Terbuai Dendangan Musik Ed Sheeran di JakartaSuasana konser Ed Sheeran di Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)

Aksinya tak kalah menarik. Taka dan kawan-kawan sebelumnya juga sukses memukau penonton yang memadati area GBK lebih awal.

Di akhir konsernya, pemilik nama lengkap Edward Christopher Sheeran ini sempat berlagak pergi ke balik panggung, seolah pertunjukan telah usai. Namun, penonton yang belum terpuaskan kompak meneriakkan 'We Want More' untuk memintanya kembali.

Jeda beberapa menit, penyanyi berusia 28 tahun ini memenuhi permintaan penggemarnya. Secara mengejutkan ia kembali dengan mengenakan jersey tim nasional Indonesia berwarna putih dan kembali 'menggendong' gitar.

Sorak-sorai penonton kian riuh saat Sheeran dengan gitar akustiknya memainkan alunan musik dari lagu hit 'Shape of You'. 

"Terima kasih Jakarta!" ucap Sheeran berpamitan dan menutupnya dengan lagu 'You Need Me, I Don't Need You'.

Tak hanya sukses membuat GBK bergema, dapat dikatakan bahwa ia pun berhasil menaklukkan para penonton seorang diri, ditemani gitar dan suara merdunya. (evn)