'Avengers: Endgame' Jadi Film Kedua Terlaris Sepanjang Masa

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 07:25 WIB
'Avengers: Endgame' Jadi Film Kedua Terlaris Sepanjang Masa Dengan capaian tembus US$2 miliar, 'Avengers: Endgame' mengalahkan 'Titanic' di film terlaris sepanjang masa. (Dok. Marvel Studios via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masa kejayaan 'Avengers: Endgame' jelas belum berakhir. Film ke-22 Marvel Cinematic Universe ini masih terus mencetak rekor.

Capaian terbaru, berdasarkan data box office yang dirilis Senin (6/5), 'Endgame' resmi menembus US$2 miliar dan menggeser posisi 'Titanic' sebagai film kedua dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, serta menjadi yang tercepat mencapai angka tersebut.

Perolehan itu dicapai pada akhir pekan kedua penayangannya, 3-5 Mei 2019. Kini, pendapatan 'Endgame' tercatat US$2,188 miliar atau setara dengan Rp31,1 triliun. Angka ini hanya unggul US$1 juta dari film legendaris 'Titanic' (1997) yang memperoleh US$2,187 miliar.



Perolehan 'Endgame' masih amat mungkin terus bertambah dan berpeluang menjadi nomor wahid film terlaris sepanjang masa. Hal ini lantaran 'Endgame' hanya terpaut US$599,3 juta dari film jawara, 'Avatar' (2009) yang berpendapatan US$2,78 miliar.

'Endgame' pun masih terus menguasai bioskop baik di pasar domestik Amerika Utara atau internasional.

Dengan capaian melebihi US$2 miliar ini, 'Endgame' menjadi satu dari lima film yang mampu menjual tiket hingga melewati angka tersebut. Empat film lainnya adalah 'Avatar', 'Titanic', 'Star Wars: The Force Awakens' dengan US$2,06 miliar, dan 'Avengers: Infinity War' dengan US$2,04 miliar.

Di Indonesia, penonton 'Avengers: Endgame' rela menonton mulai dari waktu subuh.Di Indonesia, penonton 'Avengers: Endgame' rela menonton mulai dari waktu subuh. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Menurut data dari Box Office Mojo, pendapatan terbaru 'Endgame' ini sebagian besar atau 71 persen berasal dari pasar internasional dengan perolehan total mencapai US$1,569 miliar atau setara dengan Rp22,3 triliun.

Sedangkan pendapatan sisanya berasal dari pasar domestik Amerika sebesar US$619 juta atau 28,3 persen. Meski begitu, perolehan sementara 'Endgame' di Amerika Utara ini menempatkan karya Russo bersaudara itu menjadi film ke-9 dengan pendapatan terbesar di kawasan.

Menurut catatan Box Office Report, wilayah yang menjadi penyumbang untung terbesar untuk 'Endgame' adalah China dengan US$575,8 juta atau sekitar 36 persen dari keseluruhan pendapatan internasional.


Setelah China, ada Inggris Raya dengan US$89,9 juta, disusul Korea Selatan (US$82,1 juta), Meksiko (US$61,6 juta), Brasil (US$56,3 juta), India (US$51,8 juta), Jerman (US$47,4 juta), Australia (US$43,1 juta), Prancis (US$43,1 juta), Jepang (US$34,4 juta), lalu Rusia (US$32,6 juta).

[Gambas:Video CNN]

Setelah Rusia, Indonesia menyusul dengan pendapatan sebesar US$30,9 juta atau setara dengan Rp439,5 miliar. Angka laporan dari distributor Disney tersebut diperkirakan berasal dari sekitar 10 juta tiket yang terjual dari seluruh wilayah di Indonesia.

Dilaporkan Variety, rekor 'Avengers: Endgame' bukan hanya itu. Film yang dibiayai 'hanya' US$356 juta ini sebelumnya telah mencatat angka pembukaan tertinggi, yaitu US$1,2 miliar dari seluruh dunia, termasuk US$357 juta di Amerika Utara.

'Avenges: Endgame' Jadi Kedua Terlaris Sepanjang MasaFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
(end)