Bruce Springsteen Pastikan Kembali Jadi 'Anak Band'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 02:52 WIB
Bruce Springsteen Pastikan Kembali Jadi 'Anak Band' Bruce Springsteen, alias The Boss, terlihat gembira dengan kemungkinan tampil kembali bersama E Street Band. (Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi senior Bruce Springsteen mengumumkan sebuah kabar gembira. Lama selalu bungkam tentang kemungkinan dirinya kembali jadi 'anak band' bersama E Street Band, secara tiba-tiba ia mengiyakan berita itu.

Springsteen tidak mengatakan apa-apa soal album baru atau tur bersama E Street Band, namun penyanyi yang diketahui akan segera merilis album solo ke-19 bertajuk 'Western Stars' pada Juni mendatang itu tak menyangkal kala dirinya disebut mengalami kemacetan menulis materi Street E Band.

Menurut Springsteen, ia tak pernah memaksakan sebuah karya untuk langsung jadi. Ia memilih untuk membiarkan semuanya mengalir, dan baginya, inspirasi bisa datang padanya dalam berbagai bentuk.


"Saya tidak menulis apa-apa untuk band dalam tujuh tahun ini. Saya tidak bisa. Dan saya bilang, 'Yah, tentu saja... Kau tak akan bisa melakukannya lagi!' dan itu jadi semacam trik, kau tahu?" ujarnya.


"Tetapi trik seperti itu tidak dapat diduplikasi secara sadar. Ia harus datang sendiri pada Anda," katanya dalam obrolan bersama pembuat film Martin Scorsese, dilansir dari Variety.

"Lalu kira-kira sebulan lalu, saya menulis materi untuk band, hampir sealbum. Dan inspirasi itu keluar... Maksud saya, saya tahu dari mana asalnya, tetapi pada saat bersamaan, ide itu muncul dari mana-mana. Dan itu bagus sekali," lanjut Springsteen.

Springsteen, musisi yang amat disegani itu tak dapat menyembunyikan semangatnya. Ia pun tertawa. "Hal ini sangat menggembirakan. Kau berkata, 'Ini sungguh-sungguh, kan? Akan ada tur lagi!'"

Sebelumnya, para personel E Street Band mengungkapkan bahwa mereka sendiri tak tahu, dan tak yakin, bakal kembali ke jalanan bersama Springsteen. Menurut mereka, pada suatu waktu Springsteen pernah berkata dirinya membutuhkan album baru dengan konsep band untuk kembali bersama E Street Band, maka tak banyak yang bisa dilakukan personel band itu.


Selama ini, E Street Band dikenal sebagai band pengiring Springsteen. Mereka telah menjelajah berbagai panggung bersama-sama sejak 1972, meski E Street juga pernah mengiringi penyanyi-penyanyi lain seperti Bob Dylan, The Rolling Stones, Neil Young dan David Bowie.

Sementara Springsteen sendiri, dikenal dengan nama panggilan The Boss, adalah seorang musisi sekaligus seniman yang dikenal karena penulisan liriknya yang amat indah. Springsteen tercatat meraih puluhan piala baik dari Grammy Awards, Golden Globes, Academy Awards sampai Tony Award. Ia juga menerima beberapa penghargaan bergengsi, termasuk Presidential Medal of Freedom pada 2016 lalu. (rea)