'Let It Go' Bikin Walt Disney Dituntut

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 14:22 WIB
'Let It Go' Bikin Walt Disney Dituntut Lagu 'Let It Go' yang menjadi lagu tema film 'Frozen' dituntut oleh seorang penyanyi asal Chile. (Courtesy Disney)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang penyanyi asal Chile, Jaime Ciero, memasukkan gugatan pengadilan pada Walt Disney Company. Ia mengklaim bahwa lagu 'Let It Go' dari film animasi 'Frozen' menggunakan komposisi miliknya.

Ciero mengajukan gugatan tersebut pada November 2017, menyebut bahwa Let It Go memiliki kemiripan yang kuat dengan 'Volar', lagu yang dikerjakannya pada 2008. Dalam klaim yang sama, Ciero mengatakan melodi kedua lagu itu nyaris identik.

"Kedua lagu sama-sama menggunakan gestur peningkatan melodi untuk melambangkan kebebasan dan pergerakan dari kegelapan menuju cahaya," kata pengacara Ciero, dilansir dari Variety.


Tak hanya Walt Disney Company, Ciero juga menuntut penulis lagu Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez, serta penyanyi Demi Lovato dan Idina Menzel. Namun tak lama, gugatan terhadap Lovato dan Menzel dibatalkan.


Tak mau kalah, Disney pun menantang balik Ciero menggunakan alasan Undang-undang Pembatasan. Menurut mereka, agak aneh apabila Ciero menunggu sampai empat tahun sejak rilisnya Frozen untuk mengajukan gugatan.

Ciero merespons tanggapan tersebut dengan menyatakan bahwa Let It Go masih juga diperdengarkan Disney secara terus-menerus, bahkan dalam proyek musikal Frozen di panggung Broadway.

Namun pertikaian ini tak berumur panjang. Disebutkan bahwa pengacara kedua belah pihak mengajukan permintaan pada Senin (6/5) lalu yang menunjukkan bahwa Ciero telah setuju untuk membatalkan gugatan. Hakim George Wu lantas memerintahkan kasus itu dibatalkan pada Rabu (8/5).


Let It Go merupakan lagu tema film Frozen yang rilis pada 2013. Baik film maupun lagu temanya sama-sama meraup sukses besar. Lagu tersebut memenangkan piala Academy Awards untuk Best Original Song pada 2014 dan Best Song Written for Visual Media di ajang Grammy Awards pada 2015.

[Gambas:Youtube] (rea)