Musisi Papan Atas Hilir Mudik di Cannes 2019

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 14/05/2019 10:32 WIB
Musisi Papan Atas Hilir Mudik di Cannes 2019 Bila biasanya red carpet Cannes berisi para bintang film terkenal dunia, kali ini para bintang pop dan rock hilir mudik di festival film bergengsi itu. (REUTERS/Regis Duvignau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada yang berbeda dalam red carpet Festival Film Cannes tahun ini. Bila biasanya red carpet Cannes berisi para bintang film terkenal dunia, kali ini para bintang pop dan rock hilir mudik di festival film bergengsi itu.

Bono, Elton John, Iggy Pop, Tom Waits, belum lagi Rihanna, sejumlah anggota band legendaris Led Zeppelin, semuanya dijadwalkan tumpah ruah saat red carpet Cannes, Selasa (14/5).

Salah satu penyebabnya adalah film pembuka Cannes tahun ini, 'The Dead Don't Die' yang dijadwalkan akan dihadiri banyak musisi papan atas. Beberapa di antara musisi itu adalah Waits dan Iggy Pop, lalu ada Selena Gomez dan rapper RZA.


Digarap oleh Jim Jarmushc yang juga merupakan seorang komposer, The Dead Don't Die menampilkan Bill Murray juga Adam Driver dalam film zombie musikal.


Usai The Dead Don't Die, kehadiran para musisi papan atas belum usai di Cannes. Masih ada film biopik Elton John, Rocketman yang akan rilis pada 16 Mei di Cannes.

Kejujuran Elton John

Film sejenis Rocketman yang berisi kehidupan dan perjalanan Elton John bak jadi pilihan para taipan Hollywood untuk mengeruk keuntungan setelah Bohemian Rhapsody mendulang pendapatan US$900 juta dari bujet hanya US$50-55 juta.

Namun tak seperti kisah Freddie Mercury yang menggambarkan pergolakan batin sang penggawa Queen, Rocketman lebih menampilkan kebanggaan dan pergulatan masalah hidup seorang Elton John.

Pasangan Elton John (kanan), David Furnish (kiri) menjadi produser dalam 'Rocketman'.Pasangan Elton John (kanan), David Furnish (kiri) menjadi produser dalam 'Rocketman'. (Ian West/Pool via REUTERS)

John yang telah lama dikenal terbuka terkait orientasi seksual, kecanduan narkoba dan alkohol ini pun terlibat cukup dalam pada film yang juga disutradarai oleh pasangannya, David Furnish.

"Kami tidak ingin berkompromi pada fakta kami merasa harus keras dan jujur," kata Furnish.

"Saya pikir kami harus mendapat lebih banyak minat [dari studio] pada tataran level bujet tinggi bila kami berkeinginan menghasilkan versi lebih jelas dari kehidupan Elton," lanjutnya.


"Hal itu tak pernah menarik baginya," kata Furnish. "Hidupnya banyak momen luar biasa dari saat di momen kegemilangan namun juga di masa paling suram. Kami ingin amat jujur tentang hal itu dan bukan mengabaikannya,"

Ide dari film ini sendiri sudah muncul sejak 2012 dan akhirnya naskah ditulis oleh Lee Hall dan menunjuk Taron Egerton sebagai pemeran Elton John, setelah gonta-ganti target pemeran.

Aktor Jamie Bell akan memerankan sahabat sekaligus mitra musik John, Bernie Taupin. Bersama Taupin, John menciptakan banyak hits seperti Rocketman, Candle in the Wind, I Guess That's Why They Call It The Blues.

[Gambas:Youtube]

Demi menampilkan sosok John secara maksimal, Egerton sampai mengganti penampilannya agar mirip dengan musisi Inggris itu, mulai dari gaya rambut sampai membuat celah gigi palsu.

"Saya tak berpikir melakukannya dengan baik bila ada dia [Elton John] berkeliling," kata Egerton.

Namun faktanya, Elton John disebut amat kagum dengan penampilan Egerton. "Saya tidak mengira itu Taron. Saya pikir itu saya," kata John kepada Hollywood Reporter, pekan lalu.


Masih Ada Bono dan Rihanna

Di sisi lain, distributor film yang hadir di Cannes akan menyaksikan sedikit penampilan perdana dari dokumenter resmi dari band rock legendaris, Led Zeppelin.

Anggota Led Zeppelin yang tersisa, Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, bersama mendiang Joh Bongham sebelumnya mendatangi sineas Bernard McMahon yang sukses menggarap seri televisi soal musik, American Epic.

"Ketika saya semua yang dilakukan Bernard baik secara visual dan suara di American Epic, saya tahu dia mampu mengisahkan cerita kami," kata Page dalam pernyataannya.

Spekulasi yang beredar di Cannes juga mengatakan bahwa Rihanna akan datang ke festival film tersebut, menurut sumber Riri kepada AFP. Rihanna baru meluncurkan rumah mode mahal miliknya, Fenty di Paris.

[Gambas:Youtube]

Pentolan U2, Bono juga diprediksi akan muncul di Cannes untuk mendukung penayangan dokumenter 5B, yang menampilkan upaya perjuangan Rumah Sakit Umum San Francisco sebagai rumah sakit pertama yang menerima pasien dengan AIDS.

"Bono telah menjadi pendukung utama perjuangan dan perlawanan terhadap HIV, tuberkulosis, dan malaria," kata pihak festival Cannes.

Kisah perjuangan pianis terkenal James Rhodes menghadapi post traumatic stress disorder (PTSD) akibat pengalaman pemerkosaan oleh gurunya juga akan tayang di layar lebar Cannes dengan tajuk 'Instrumental'. (end)