Patung Liberty Bakal Ditemani Sebuah Museum

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 16/05/2019 08:33 WIB
Patung Liberty Bakal Ditemani Sebuah Museum Patung Liberty akan punya museum. (skeeze/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Patung Liberty kini tak sendiri. Ia punya teman yang juga bisa dikunjungi oleh para pelancong di New York, Museum Patung Liberty.

Bangunan berluas 2.400 meter persegi itu dibangun dengan biaya US$100 juta. Dinding-dindingnya berupa kaca. Sengaja dibuat demikian oleh desainer Cameron Ringness agar para pengunjung bisa menikmati pemandangan dermaga, sampai ke bagian rooftop.

Ringness memang ingin, di rooftop pengunjung bisa merasa bak di haluan kapal.

"Kau harus naik ke atas dan kau akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa serta perspektif baru dari Patung Liberty dan dermaganya," kata Ringness.


Patung Liberty yang merupakan hasil desain seniman Prancis Frederic-Auguste Bartholdi sebagai hadiah perayaan kemerdekaan Amerika Serikat ke-100 pada 1876, sejauh ini merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat.

Tercatat ada sekitar 4,5 juta pengunjung dari seluruh dunia, per tahunnya.


Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mengunjungi Museum Patung Liberty yang baru diresmikan, karena tiket masuknya sudah termasuk karcis feri dari Manhattan ke Liberty Island. Di museum itu, pengunjung lantas bisa menyaksikan video sejarah Patung Liberty.

Dibukanya Museum Patung Liberty ini dianggap sebagai momen yang tepat, karena imigrasi tengah menjadi topik perbincangan menarik di AS sejak diperintah Donald Trump.

"Ini momen yang bagus untuk pembukaan museum, untuk bicara soal imigrasi, bicara soal kebebasan, bicara soal penghargaan di antara negara-negara. Kadang kebebasan seseorang adalah masalah bagi orang lain," kata Presiden dan Kepala Desainer ESA Design yang membangun museum, Eswin Schlossberg kepada kantor berita AFP.


Trump yang selama ini bermasalah terhadap imigrasi, diundang ke pembukaan Museum Patung Liberty, namun berhalangan hadir. Ia diwakili oleh Kementerian Dalam Negeri, David Bernhardt yang mengelola National Park Services dan mengawasi Liberty Island.

Wali Kota New York Bill de Blasio juga diprediksi akan hadir.

Pesohor pun bakal hadir di malam pembukaan museum yang diselenggarakan Rabu (15/5) malam waktu AS. Mereka termasuk Oprah Winfrey dan penggagas Amazon Jeff Bezos. Museum itu akan dibuka untuk umum, Kamis (16/5). (rsa)