FOTO: Obor Sejarah 'Menyala' Abadi di Museum Patung Liberty

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 16/05/2019 11:29 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Patung Liberty yang berdiri gagah memegang obor di Liberty Island, Amerika Serikat, akan punya 'teman.' Museum Patung Liberty dibuka untuk umum, Kamis (16/5).

Patung Liberty yang selama ini berdiri gagah memegang obor di Liberty Island, Amerika Serikat, akan segera punya ‘teman.’ Museum Patung Liberty dibuka untuk umum, Kamis (16/5). (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Bangunan itu berluas 2.400 meter persegi dan dibangun dengan biaya US$100 juta. Dinding-dindingnya kaca dan di bagian rooftop pengunjung bisa merasa bak di haluan kapal. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Di tengah museum itu, ada obor asli yang pernah dipegang Patung Liberty. Di patungnya sendiri, obor itu digantikan oleh yang baru pada 1986. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Pengunjung juga bisa menyaksikan video yang berisi sejarah Patung Liberty, yang merupakan hasil desain seniman Prancis Frederic-Auguste Bartholdi dan diberikan sebagai hadiah merayakan hari kemerdekaan ke-100 AS pada 1876. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Patung Liberty sendiri selama ini merupakan ikon sekaligus destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di AS. Per tahun ada sekitar 4,5 juta pengunjung yang datang. (TIMOTHY A. CLARY / AFP)
Dibukanya Museum Patung Liberty di era sekarang saat imigrasi menjadi topik yang hangat diperbincangkan sejak AS diperintah Presiden Donald Trump, dinilai sebagai momen tepat. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Pengelola berharap dengan museum itu pengunjung kembali merunut sejarah bagaimana Patung Liberty menyambut imigran ke AS selama bergenerasi-generasi. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Donald Trump diundang menghadiri pembukaan museum, Rabu (15/5) malam waktu AS, namun berhalangan hadir. Ia diwakili oleh perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, David Bernhardt. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)