Isyana-Gamaliel Tak Khawatir Dibandingkan Zayn Malik-Zhavia

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 18/05/2019 23:03 WIB
Isyana-Gamaliel Tak Khawatir Dibandingkan Zayn Malik-Zhavia Isyana dan Gamaliel ditunjuk menyanyikan 'A Whole New World' versi penyanyi Indonesia. (Dok. Disney Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Isyana Sarasvati masih ingat pernah menyanyikan lagu tema film animasi Aladdin (1992) yang bertajuk A Whole New World dalam sebuah konser sekolah musik. Kala itu ia baru menginjak usia 7 tahun, namun sudah menggemari kisah pemuda jalanan yang menyukai puteri Sultan itu.

Isyana juga kerap menyanyikan lagu A Whole New World bersama kakaknya, Rara Sekar. Biasanya ia memaksa Rara bernyanyi sebagai Aladdin dan tentunya Isyana sebagai Jasmine.

Tak disangka, kini ia dipilih Disney menyanyikan lagu A Whole New World. Ia menjadi musisi resmi asal Indonesia yang menyanyikan lagu itu dibawah naungan Disney.


Baginya itu seperti mimpi yang menjadi kenyataan.


"Lagu ini adalah bagian perjalanan masa kecil. Paling berkesan ketika konser itu, 19 tahun kemudian dari konser itu aku menjadi bagian dari Disney," kata Isyana dalam wawancara terbatas di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5).

Tidak sendiri, Isyana menyanyikan A Whole New World bersama Gamaliel Tapiheru.

Sama seperti Isyana, Gamaliel juga memiliki kenangan tersendiri dengan lagu itu. Ia sempat menyanyikan lagu itu bersama adiknya, Audrey Tapiheru yang kemudian diunggah ke YouTube.

Video itu diunggah Gamaliel pada 22 Mei 2009. Artinya, video itu akan berusia 10 tahun saat Aladdin rilis di Indonesia pada 22 Mei nanti.

"Dari sekian lagu-lagu R&B yang gua nyanyikan ulang, ada lagu A Whole New World. Jadi memang lagu ini punya tempat spesial di hati semua orang, bukan di hati kami aja," kata Gamaliel.

Isyana dan Gamaliel sama-sama diminta oleh Disney menyanyikan lagu A Whole New World pada April lalu. Kala itu Disney regional sudah menyediakan aransemen sehingga Isyana dan Gamaliel tinggal menyanyikan.

Tidak ada kesulitan berarti yang mereka berdua rasakan saat rekaman di Jakarta. Isyana dan Gamaliel sudah tahu bagian masing-masing yang harus mereka nyanyikan. Terlebih mereka berdua sudah mengenal lagu itu sejak kecil .

Bila diperhatikan, aransemen A Whole New World yang mereka nyanyikan hanya berubah sedikit ketimbang versi Peabo Bryson dan Regina Belle serta Brad Kane dan Lea Salonga. Chord di setiap bagian terdengar sama persis.

"Kami sudah dikasih wanti-wanti, bahwa memang harus seklasik mungkin untuk menyanyikan lagu ini, tapi dengan karakter suara kami," kata Isyana.
Lagu A Whole New World sendiri ditulis oleh Tim Rice khusus untuk film Aladdin. Kemudian aransemen musik lagu itu dibuat oleh Alan Menken yang sudah membuat skoring untuk film The Little Mermaid (1989), Beauty and the Beast (1991) dan Pocahontas (1995).

Pucuk dicita ulam pun tiba, Isyana dan Gamaliel sempat bertemu dengan Menken di Tokyo, Jepang, usai rekaman. Sembari memainkan A Whole New World dengan piano, Menken meminta Isyana dan Gamaliel untuk bernyanyi.

"Setelah itu nanya tentang dia dan Aladdin. Terus tentang proses kreatif dia kalau menciptakan lagu untuk film gimana. Kita star-struck [terpesona] saja sih, dia main di depan kita," kata Gamaliel.

Isyana menambahkan, "Ketika masuk ruangan merinding-merinding gitu. Dia main piano. Terlalu amaze melihat dia."

[Gambas:Youtube]

Isyana dan Gamaliel tidak merasa ada tekanan menyanyikan lagu yang sangat ikonis ini. Mereka berdua juga tidak khawatir bila dibandingkan dengan musisi internasional kenamaan yang pernah menyanyikan lagu ini, termasuk Zayn Malik dan Zhavia Ward yang menyanyikan A Whole New World versi terbaru.

"Kalau terlalu banyak mikirin tekanan nanti enggak bisa maju ya. Kalau menurut aku memang itu pasti banyak yang sudah menyanyikan, tapi kalau tidak berani ambil kesempatan emas ini ya sayang buat kami. Pada akhirnya juga itu selera orang, yang penting kami sudah berikan yang terbaik," kata Isyana. (adp/rsa)