Ulasan Single

Persembahan DJ Khaled untuk Nipsey Hussle dalam 'Higher'

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 19/05/2019 20:18 WIB
Persembahan DJ Khaled untuk Nipsey Hussle dalam 'Higher' DJ Khaled memberikan penghormatan yang mengharukan untuk Nipsey Hussle melalui 'Higher'. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk menyegarkan ingatan Anda, Nipsey Hussle adalah rapper AS yang meninggal pada 31 Maret lalu. Ia tertembak di luar tokonya di Los Angeles, peristiwa mengejutkan yang membuat banyak musisi lain terkejut dan berduka.

Hussle dikenang sebagai seorang musisi yang tak pernah melupakan asal-usul. Setelah sukses, ia membangun lingkungan kerja bernama Vector 90, membuatnya dikenal sebagai aktivis komunitas. Sebuah acara penghormatan digelar besar-besaran, menyita banyak perhatian. Hussle dicintai oleh banyak orang.

Salah satunya, oleh DJ Khaled. DJ, penulis lagu dan figur yang mengeluarkan single bertajuk 'Higher' bersama John Legend. Dalam lagu ini Hussle bisa didengar menyanyikan apa yang mungkin menjadi bait-bait terakhir dalam hidupnya.


Hussle menuturkan tentang perjalanan pedih ayahnya dari Afrika ke Los Angeles, dengan nyata. Kolaborasi ini memiliki sebuah video musik, yang diambil beberapa hari sebelum peluru-peluru panas merenggut nyawa Hussle. Kini, video itu menjadi sebuah penghormatan istimewa.


"Lookin' back at my life make my heart race / Dance with the devil and test our faith," kata Hussle di sela iringan piano. "They'd rather see me down, put my soul in the fire / But we keep goin' higher, higher."

Sementara Legend menyanyikan bagian chorus dengan gaya gospel, melantunkan lirik tentang dorongan dan kekecewaan spiritual. "You keep taking me higher and higher/ Don't you know that the devil's a liar/ I know, you'd rather see me down, put my soul in the fire," katanya.

Gaya gospel itu membuat 'Higher' terdengar lebih spiritual, lebih syahdu. Wujud visual yang menampilkan warna-warna cerah terasa drastis, nyaris menyerupai sebuah ironi.

Lagu ini sepertinya penting bagi Khaled. Ia sempat mengunggah tulisan di Twitter, menceritakan bahwa ia mengalami perjalanan pencarian jiwa setelah Hussle tertembak. Dalam tulisan itu, ia menyebutkan segala profit dari 'Higher' akan diberikan kepada dua anak Hussle.


"Judul lagu itu mengingatkan kita bahwa getaran 'Higher' adalah inti dari jiwa Nipsey. Getaran itu ada dalam semangatnya, untuk terus bergerak maju, untuk mempertahankan misinya maka saya, rekan penulis lagu, produser dan rekan label akan mendonasikan 100 persen hasil yang didapat dari 'Higher' untuk anak-anak Nipsey, Emani dan Kross," tulis Khaled.



'Higher' masuk dalam album 'Father of Asahd' yang rilis dalam waktu dekat. Khaled diketahui mengajak serta banyak nama besar seperti Cardi B sampai Justin Bieber. 'Father of Asahd' menjadi album ke-11 Khaled.

[Gambas:Youtube] (rea)