Bioskop Pilih Tutup karena Aksi 22 Mei

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 15:32 WIB
Bioskop Pilih Tutup karena Aksi 22 Mei Ilustrasi bioskop yang tidak beroperasional. (REUTERS/Darren Whiteside)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi 22 Mei yang berlangsung rusuh membuat sejumlah bioskop memilih tutup lebih awal bahkan hingga sepenuhnya pada hari ini, Rabu (22/5).

Departemen Head of Operation Planning and Support CGV Cinemas Indonesia, Diana Abbas mengungkapkan bahwa insiden yang terjadi hari ini berdampak pada operasional bioskop di dekat lokasi kejadian. Dua bioskop terdampak adalah di pusat perbelanjaan Slipi Jaya dan Grand Indonesia.

"CGV Slipi Jaya tutup karena mal memutuskan operasional mal ditutup. Dan untuk CGV Grand Indonesia akan beroperasi sampai pukul 20.00 WIB," ungkapnya kepada CNNIndonesia.com saat dihubungi melalui pesan singkat.



Diana menjelaskan, mal Grand Indonesia sebenarnya memilih tutup lebih awal, pada pukul 15.00 WIB. Namun CGV Cinemas di sana tetap bukan sampai pukul 20.00 WIB karena bioskop ingin memprioritaskan pelayanan pada pelanggan yang sudah membeli tiket lebih awal.

"Pembelian tiket advance sales [film] 'Aladdin' hari ini cukup tinggi," katanya.


Massa aksi 22 Mei berkumpul di depan kantor Bawaslu sejak Selasa (21/5) malam. Berhadapan dengan aparat, mereka kemudian membubarkan diri dengan tertib. Namun ada beberapa provokator yang membuat suasana kemudian menjadi ricuh, dan massa 'terlempar' ke titik-titik lain.


Di kawasan Tanah Abang yang berdekatan dengan kantor Bawaslu, bentrok terjadi. Dini hari tadi, selama lebih kurang satu jam bentrok berlangsung sengit. Di kawasan perbelanjaan terbesar di Jakarta tersebut sempat terlihat kepulan asap dari benda yang dibakar massa.

Pagi ini, Rabu (22/5) massa kembali mendatangi Bawaslu di Thamrin. Saling serang antara aparat keamanan dan massa juga terjadi di kawasan Polsek Gambir. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bentrok kali ini sudah menewaskan 6 orang.


Tak hanya CGV Cinemas, salah satu jaringan bioskop XXI di Djakarta Theater juga terdampak. Bioskop itu lokasinya berhadapan dengan kantor Bawaslu.

Namun sejauh ini belum ada konfirmasi apakah bioskop itu tetap beroperasi. Telepon CNNIndonesia.com kepada XXI Djakarta Theater maupun pusat perbelanjaan Djakarta Theater tidak diangkat. Konfirmasi CNNIndonesia.com terhadap manajemen bioskop pun tak dijawab.

Di situs resminya, XXI Djakarta Theater masih memasang jadwal film mulai pukul 12.00 sampai 22.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]
(agn/rea)