Ulasan Album

Bermeditasi Bersama Rhye Diiringi 'Spirit'

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 26/05/2019 21:39 WIB
Bermeditasi Bersama Rhye Diiringi 'Spirit' Mike Milosh atau Rhye, mengeluarkan album mini sederhana bertajuk 'Spirit'. (screenshot via Instagram/@rhye)
Jakarta, CNN Indonesia -- Unit RnB musikal Kanada, Rhye, terbilang produktif. Proyek yang kini dikendarai seorang diri oleh Mike Milosh ini baru mengeluarkan album mini 'Spirit', padahal ia baru juga menambah 'Blood' ke daftar diskografi pada 2018 lalu.

Ada delapan lagu dalam Spirit, serba-lembut seperti vokal Milosh yang kerap disangka vokal perempuan. Spirit terdengar seperti teman yang santai untuk Blood. Milosh masih memakai efek-efek elektronik dan komposisi piano, membuat 'Patience' seperti pengiring meditasi.

Melambung, mengawang, tidak berpijak. Kesan itu selalu hadir dalam musik Rhye, namun Spirit menawarkan kelembutan yang lain. 'Green Eyes' akan membawa romantisme dalam diri, mengingatkan pada hamparan rumput atau danau jelang petang. Mendengarnya, rasa hati tak ingin berbicara, terbujuk oleh aransemen Milosh.


Sejak awal, Rhye selalu memiliki karakter berbeda. Ia seperti siap menjadi latar belakang untuk suasana roman apapun. Dan alasan Spirit dibuat pun sama romantisnya.


Ceritanya, Milosh mendapat hadiah berupa baby grand piano dari kekasihnya. Ia menggunakan instrumen tersebut sebagai alat meditasi sehari-hari, dan itulah perasaan yang bisa Anda dengar lewat Spirit.

Lagu-lagu Spirit yang serba-singkat, malah mengingatkan pada album tema film. Milosh memakai banyak nada kunci minor, sementara pengucapan liriknya seperti biasa, samar dan cenderung menghipnotis. Jika sebelumnya Rhye kerap meracik resep yang sama, menumpuk melodi di atas segmen tiup dalam 'Woman' misalnya, kali ini ia memilih intensitas lebih, memanfaatkan synthesizer dan nada tinggi string.

Dengan begitu, Spirit terdengar berbeda dari Blood.

[Gambas:Youtube]

Milosh tampaknya sedang benar-benar jatuh cinta, atau piano hadiah itu amat sentimentil baginya. Ia banyak menulis lirik penuh cinta yang membuai seperti dalam 'Needed'. "I wanna be needed, that's what I need'," kata Milosh. Kadang, romantis dan menakutkan hanya punya sedikit perbedaan.

Spirit memang tidak amat bersemangat, bahkan cenderung ala kadarnya, agak terlalu simpel untuk standar Rhye. Namun beberapa lagu justru menjadi terasa 'kaya' karena Milosh mampu menghadirkan imaji. Atau menenangkan hati menuju meditasi, apapun itu yang Anda lakukan bersama diri sendiri.

(rea)