Indiana Jones Hidup Mati bersama Harrison Ford

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 05:16 WIB
Indiana Jones Hidup Mati bersama Harrison Ford Harrison Ford menegaskan bahwa Indiana Jones adalah dirinya. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indiana Jones akan selalu hidup selama Harrison Ford masih ada. Bagi aktor 76 tahun itu, Indiana Jones tak tergantikan. Itu disampaikannya dalam acara Today yang disirkan NBC.

Pembawa acara Craig Melvin bertanya soal siapa yang diinginkan Ford memerankan India Jones dalam Indiana Jones 5. Sempat beredar, Chris Pratt sempat dikabarkan akan memerankan itu.

Namun Ford berkata membanggakan diri, "Tidak akan ada yang menjadi Indiana Jones. Tidakkah kau mengerti? Saya Indiana Jones. Ketika saya tiada, dia tiada. Mudah."

"Ini cara yang luar biasa untuk memberi tahu Chris Pine [bahwa ia tidak akan memerankan Indiana Jones]. Maaf, teman," lanjut Ford sembari tertawa. Ia salah menyebut nama, yang dimaksudnya adalah Pratt, yang memang sempat dirumorkan menjadi Indiana Jones.



Dalam IMDb Untitled Indiana Jones Project pun hanya ada satu aktor terlibat: Ford.

Film itu sendiri rencananya bakal disutradrai Steven Spielberg. Namun dalam IMDb tertulis keterangan bahwa film itu akan ditunda, dan belum ada keterangan lagi.

Ford seperti sangat 'setia' pada India Jones. Ia juga pernah menolak seri film itu dilanjutkan dengan karakter baru bernama Mutt Williams yang diperankan Shia LaBeouf. Karakter tersebut merupakan anak Indy, sapaan karib Indiana Jones, yang pertama kali muncul di Indiana Jones and The Kingdom of the Crystal Skull (2008).

Dalam film itu ada adegan Williams mengambil topi fedora milik Indy yang sangat ikonis. Dalam wawancara bersama Time pada 2010, Ford membahas adegan itu dan keberlangsungan karakter Indiana Jones. Saat itu ia pun menegaskan India Jones tetap dirinya.

[Gambas:Youtube]

"Apa yang kau bicarakan? [Topi] Itu milik saya. Saya ingin tampil dalam film Indiana Jones yang lain. George Lucas sedang mengerjakan ide baru. Shia bisa memiliki topi sendiri. Saya mendapatkan topi itu," kata Ford.

Pertengahan 2018 lalu, Disney mengumumkan bahwa mereka kembali memundurkan jadwal tayang Indiana Jones 5. Kali ini, film yang sebelumnya disebut tayang pada 2020 itu mundur setahun menjadi dijadwalkan rilis pada 9 Juli 2021.

Pemunduran jadwal Indiana Jones 5 itu sudah yang kesekian kalinya. Pada Maret 2017, Disney menyebut seri kelima arkeolog ikonis itu akan rilis pada 19 Juli 2019. Kemudian pada April 2018, Disney mengumumkan memundurkan film tersebut ke 2020.

Ada sejumlah masalah yang dianggap menjadi alasan pemunduran jadwal Indiana Jones 5. Variety menyebut bahwa Harrison Ford terancam tak dapat memenuhi keinginan rilis pada 2020 dan ada masalah naskah.


Jonathan Kasdan akan menggarap naskah baru Indiana Jones setelah penulis sebelumnya David Koepp hengkang lantaran jadi sutradara You Should Have Left milik Blumhouse. Kasdan akan dibantu oleh Philip Kaufman.

Masalah lain yang menunda perilisan Indiana Jones 5 adalah jadwal perilisan film lain. Studio tidak ingin bertarung dengan film lain seperti Jungle Cruise dan Maleficent 2.

Steven Spielberg telah menggarap Indiana Jones sejak versi pertama bertajuk Raiders of the Lost Ark (1981). Kisah Indy pada film Indiana Jones and The Temple of Doom (1984), Indiana Jones and The Last Crusade (1989) dan Indiana Jones and The Kingdom of The Crystal Skull. (adp/rsa)