Kabar Burung soal Penyelenggara Oscar Buka Kantor di India

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 00:38 WIB
Kabar Burung soal Penyelenggara Oscar Buka Kantor di India AMPAS, penyelenggara Oscar mengunjungi India. (Ilustrasi/REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kunjungan Presiden Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS) John Bailey ke India disambut antusias oleh pemerintah lokal. Mereka sampai membuat proposal khusus.

India menawarkan kepada AMPAS, yang juga diketahui sebagai lembaga penyelenggara Oscar-penghargaan paling bergengsi di bidang perfilman-untuk mendirikan kantor di Mumbai, India. Selama ini AMPAS hanya punya kantor khusus di New York dan London.

Itu diketahui dari cuitan Vinod Tawde seseorang dari Kementerian Budaya di Maharashtra, India. Itu merupakan lokasi di mana Bollywood-rumah film India, berada. Pada Sabtu (26/5) lalu ia berkicau bahwa dirinya menerima kunjungan Bailey dan menawarinya sebuah proposal.



"Ibu kota hiburan di India telah membuka pintu dan pemerintah di Maharashtra mengajukan proposal agar AMPAS mendirikan kantor di Mumbai, mewakili industri perfilman Asia," demikian ia menulis, yang langsung membuat publik heboh.

Namun pada Selasa (28/5) lalu di New Delhi, Bailey langsung menghentikan rumor itu.

Ia mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa "isu membuka kantor AMPAS adalah sesuatu yang sedang didiskusikan dan digulirkan oleh media sejak kami berada di sini."

Bailey menyebut membuka kantor AMPAS di India adalah ide yang luar biasa, namun "AMPAS bukan perusahaan dan kami adalah organisasi berbasis anggota dan keputusan dibuat oleh admninistrasi dan staf bersama 54 anggota yang juga jajaran gubernur."


"Ini adalah sebuah gagasan, bibit dari sebuah ide, yang kami perbincangkan di sini bersama sejumlah orang. Ada begitu banyak antusiasme soal itu," katanya melanjutkan.

Saat AMPAS membuka kantor di London untuk menaungi negara-negara di Eropa dan Inggris Raya, mereka juga punya pertimbangan bahwa anggota AMPAS di sana cukup banyak. Saat ini, kata Bailey, ada 27 anggota yang berkebangsaan India di dalam tubuh AMPAS.

"Jadi, sekali lagi, itu [mendirikan kantor AMPAS di India] baru sebatas ide. Saya tidak bisa bicara lebih dari itu, kecuali soal betapa kami juga sangat antusias [dengan ide itu]. Kita lihat saja apa yang akan terjadi," ia menutup perbincangan.


AMPAS sejatinya semakin memperkaya diferensiasi di kalangan anggotanya. Setelah sering 'digoyang' soal anggota yang lebih banyak berkulit putih, setahun lalu AMPAS memasukkan 928 anggota baru yang lebih 'berwarna.' Itu termasuk beberapa orang India.

Aktris Madhuri Dixit, Anil Kapoor dan Naseeruddin Shah, produser Aditya Chopra dan Guneet Monga kini termasuk pesohor di India yang juga anggota AMPAS. (rsa)