Berang pada Artikel NYT, Madonna Merasa 'Diperkosa'

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 09:15 WIB
Berang pada Artikel NYT, Madonna Merasa 'Diperkosa' Madonna berang dengan artikel yang diterbitkan oleh The New York Times. (Kevin Winter/Getty Images for iHeartMedia/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Madonna mengatakan dirinya seolah "diperkosa" oleh satu artikel profil mendalam yang dirilis The New York Times.

Sang ikon dunia musik pop itu juga mengatakan NYT sebagai "salah satu bapak bangsa patriarki."

Sang penyanyi menyebut artikel berjudul "Madonna at Sixty" (Madonna di usia 60 tahun) itu terlalu fokus pada usianya. Dia juga mengatakan NYT tidak mungkin melakukan itu jika dirinya seorang laki-laki.


"Wartawan yang menulis artikel ini menghabiskan berhari-hari, dan berjam-jam, dan berbulan-bulan dengan saya dan diundang untuk masuk ke dalam dunia yang jarang diketahui orang lain."

"Tapi ia memilih untuk fokus pada hal-hal remeh dan superfisial seperti jenis kain tirai saya dan tidak pernah berhenti berkomentar tentang usia saya, yang tentu saja tidak akan pernah disinggung jika saya seorang PRIA," kata Madonna dalam akun Instagramnya.

"Saya menyesal saya menghabiskan lima menit dengannya," kata penyanyi dan penari itu soal sang penulis artikel, Vanessa Grigoriadis.

"Artikel itu membuat saya merasa diperkosa. Dan ya, saya boleh menggunakan istilah itu karena saya pernah diperkosa di usia 19 tahun."

Dalam artikel itu, Madonna bercerita pada Grigoriadis bahwa ia "merasa diperkosa" ketika album yang dirilis pada 2015 "Rebel Heart" dibocorkan terlebih dahulu.

Madonna juga menyebut artikel profil itu merupakan bukti bahwa NYT adalah bapak patriarki.

"Dan saya mengatakan -- MATILAH PATRIARKI yang ditenun ke dalam jejaring masyarakat kita. Saya tidak akan pernah berhenti berjuang untuk menghapuskannya."

Artikel NYT menggambarkan Madonna di puncak ketenaran di era 1980 sebagai seseorang yang menggunakan mental baja untuk menjadi seorang bintang pop perempuan yang sangat berdaya dan menjadi model yang kuat bagi kaum perempuan di Amerika Serikat.

Namun, NYT menyebut Madonna saat ini adalah seorang pemusik berusia tua yang coba menegaskan tempatnya di antara artis yang dua generasi lebih muda.

NYT juga menyebut penonton yang coba dihibur Madonna di acara penghargaan musik Billboard di Las Vegas lebih tertarik dengan grup musik Korea Selatan, BTS.


(vws)