Rapper M.I.A. Dapat Gelar Kehormatan dari Kerajaan Inggris

CNN Indonesia | Senin, 10/06/2019 03:00 WIB
Rapper M.I.A. Dapat Gelar Kehormatan dari Kerajaan Inggris Rapper M.I.A. (Stephen Lovekin/Getty Images for New York Magazine/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun ini Rapper wanita berdarah Sri Lanka-Inggris, M.I.A. mendapat gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Gelar bertajuk MBE itu diberikan Ratu Inggris Elizabeth dalam rangka tradisi ulang tahunnya.

Dikutip dari NME pada Minggu (9/6), M.I.A. mengaku sangat bangga bisa mendapat gelar kehormatan atas kiprahnya di dunia musik Inggris dan dunia.

Dalam unggahan foto di Instagramnya, mantan kekasih Diplo ini memberikan ucapan terima kasih kepada ibundanya.



M.I.A. lanjut menulis kalau ibunya merupakan satu dari dua wanita di Inggris yang bekerja untuk menjahit medali gelar kehormatan Kerajaan Inggris.

Pekerjaan yang digeluti ibunya itu sudah berlangsung selama 30 tahun.

"Sangat terhormat mendapat gelar ini, sangat berarti bagi ibu saya. Saya persembahkan gelar ini kepada ibu yang telah bekerja keras selama hidupnya," tulis M.I.A. dalam unggahan foto sang ibu.

"Ibu memilih pekerjaan ini karena ia tak harus berbicara dalam bahasa Inggris. Ibu telah melakukan pekerjaan ini sejak tahun 1986. Sebanyak 1.000 medali mungkin telah ia jahit. Gelar kehormatan yang saya terima menambah pengalaman hidup yang unik," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]

Rapper bernama asli Mathangi Arulpragasam itu mendapat gelar kehormatan karena karya musiknya yang konsisten bertemakan hak asasi manusia, terutama kaum imigran.

Selain M.I.A., sejarawan Dan Snow juga mendapat gelar kehormatan MBE.

Sementara itu musisi Elvis Costello, pentolan band The Undertones Feargal Sharkey, novelis Sarah Waters, petualang Bear Grylls mendapat gelar kehormatan OBE.

Lalu aktris peraih Oscar, Olivia Colman, mendapat gelar CBE. Setelah mendapat gelar tersebut ia digadang bakal berperan dalam serial drama The Crown.

(ard/ard)