'Miskin' Karya di 2018, Ed Sheeran Tetap Terlaris di Inggris

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 07:50 WIB
'Miskin' Karya di 2018, Ed Sheeran Tetap Terlaris di Inggris Solois Ed Sheeran tercatat sebagai artis terlaris di Inggris sepanjang 2018, meski ia tak mengeluarkan satu lagu pun. (PK Entertainment, Sound Rhythm dan AEG Presents)
Jakarta, CNN Indonesia -- Solois Ed Sheeran disebut menjadi artis yang lagu-lagunya paling banyak diputar di Inggris sepanjang 2018. Dia mendapat predikat itu untuk kedua kalinya, dan menyisakan sebuah fakta menarik: Sheeran tidak mengeluarkan satu lagu pun sepanjang tahun lalu.

Dalam hal ini, artinya Sheeran melampaui Calvin Harris dan Little Mix, masing-masing di posisi dua dan tiga. Klaim terkait dikeluarkan oleh perusahaan lisensi musik PPL yang menghitung setiap pemutaran lagu di stasiun-stasiun radio dan tempat-tempat umum.


Pria yang baru saja berkolaborasi dengan Justin Bieber itu telah masuk daftar selama tiga dari empat tahun terakhir, yaitu pada 2015, 2017 dan 2018. Melansir The Guardian, dia telah berada dalam catatan sejak rilis album debut pada 2011.


PPL mengatakan sembilan dari 10 posisi dalam daftar diduduki oleh musisi Inggris sendiri. Pink adalah satu-satunya artis AS. Di antara yang lain, ada Rita Ora, Coldplay dan Dua Lipa.

'Feel It Still' dari Portugal The Man menjadi lagu terlaris, sekalipun resminya dirilis pada 2017. 'These Days' dari Rudimental, Jess Glynne, Macklemore dan Dan Caplen menempel ketat di belakangnya, disusul oleh Liam Payne dan Rita Ora dengan 'For You', Calvin Harris dan Dua Lipa yang memiliki 'One Kiss' dan 'Shotgun' oleh George Ezra di posisi terakhir.

"Pemutaran di radio, televisi dan penampilan di publik adalah indikator signifikan dari musik yang paling sering diperdengarkan, sehingga PPL dengan senang hati melaporkan bahwa 2018 merupakan tahun sukses untuk talenta lokal Inggris," kata pimpinan PPL, Peter Leathem.


"Sekali lagi, Ed Sheeran 'menjaga' posisinya sebagai artis terlaris, tetapi penampil lain seperti Calvin Harris dan Little Mix juga berada di peringkat lima besar, mendorong musik Inggris keluar sebagai juara," lanjutnya.

Dalam pengumpulan data, PPL menyebutkan mereka melibatkan berbagai pub, klab dan toko, juga saluran televisi dan stasiun radio.

[Gambas:Video CNN] (rea)