Usai Kehilangan Investor, Woodstock Tak Punya Tempat Acara

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 12:21 WIB
Usai Kehilangan Investor, Woodstock Tak Punya Tempat Acara Woodstock belum punya tempat menggelar acara. (REUTERS/Eric Thayer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Festival musik Woodstock bukan hanya kehilangan investor. Mereka juga baru saja kehilangan tempat mengadakan acara di New York, Senin (10/6) lalu.

Rencananya, Woodstock yang bakal digelar untuk ke-50 kalinya tahun ini, diadakan pada 16-19 Agustus, di area balap motor Watkins Glen di New York. Musisi yang bakal hadir disebut-sebut termasuk Jay Z dan Miley Cyrus.

Namun Senin kemarin, Watkins Glen melalui sebuah pernyataan mengungkapkan mereka "mengakhiri izin penggunaan lokasi ini untuk Woodstock sesuai ketentuan kontrak."



"Dengan demikian, [lokasi ini] tidak akan menggelar Woodstock 50 Festival," kata mereka.

Namun Watkins Glen tidak menjelaskan apa yang menyebabkan kontrak itu berakhir.

Meski begitu, salah satu penyelenggara Woodstock 50, Gregory Peck mengatakan tim festival musik itu masih berdiskusi dengan tempat lain soal penyelenggaraan. Ia mengaku tak sabar untuk segera berbagi dengan penggemar soal lokasi baru itu dan menjual tiketnya.


Penjualan tiket sendiri rencananya bakal dimulai beberapa pekan mendatang. Digadang-gadang festival musik itu bakal dihadiri sampai 60 ribu orang.

Woodstock yang pertama digelar pada 1969, dikenal sebagai tiga hari festival yang penuh damai dan musik. Itu juga disebut sebagai momen terpenting dalam sejarah musik.

Namun festival itu carut marut ketika April lalu salah satu investor utama yang berasal dari Jepang menarik diri dari penyelenggaraan. Masalah itu seakan menimbulkan efek lain, yakni persoalan perizinan dan keamanan serta sanitasi lingkungan.


Mengutip Reuters, penyelenggara mengklaim bulan lalu, mereka sudah mendapat penyokong dana baru dan percaya diri pertunjukan itu bakal tetap mampu digelar dengan baik. (rsa)