Seikat Rambut yang Bikin Beethoven Murka akan Dilelang

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 14:51 WIB
Seikat Rambut yang Bikin Beethoven Murka akan Dilelang Rambut Beethoven yang akan dilelang. (REUTERS/Will Russell)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seikat rambut Ludwig van Beethoven akan dilelang di Sotheby, Selasa (11/6).

Diberitakan Reuters, rumah lelang asal Inggris itu memperkirakan rambut Beethoven itu akan dihargai sekitar US$19 ribu, atau sekitar Rp270 juta. Namun kepala bagian buku dan manuskrip di rumah lelang itu, Simon Maguire memprediksi harganya akan lebih tinggi.

"Sudah banyak yang tertarik," ujarnya.


Ada kisah menarik di balik seikat rambut itu. Pada 1826, pianis asal Austria Anton Halm meminta seikat rambut sang komposer asal Jerman untuk disimpan istrinya. Namun asisten Beethoven malah mengiriminya seikat rambut kambing. Beethoven pun marah besar.


Ia lantas menggunting sendiri rambutnya dan memberikannya ke Halm, dalam selembar kertas.

"Seikat rambut yang baru diguntingnya sendiri dari bagian belakang kepalanya. Seikat rambut yang banyak. Dan dia bilang, 'yang satu ini setidaknya kau bisa yakin bahwa ini asli,'" demikian cerita Maguire kepada Reuters.

Rambut itu kemudian diserahkan Halm kepada seorang muridnya, Julius Epstein, yang kini menjadi profesor piano di Vienna Conservatory.

Keaslian rambut Beethoven yang akan dilelang itu sudah dikonfirmasi oleh Alexander Wheelock Thayer, penulis biografi Beethoven.


Sebelum melelang rambut itu, Sotheby juga sudah pernah menjual rambut yang lain, yang lebih tipis. Rambut pesohor lain seperti komposer Frederic Chopin dan Wolfgang Amadeus Mozart, juga sudah pernah dilelang. Demikian pula Horatio Nelson.

Sotheby juga sudah pernah melelang kasur di mana Beethoven meninggal pada 1827.

"[Rambut] yang satu ini tidak biasa dan punya cerita awal yang penting dan itu juga seikat rambut yang banyak," Maguire 'mempromosikan' untuk lelang Kamis mendatang. (rsa)