Robby Sugara, dari Mengoles Krim Rambut Sampai ke Layar Lebar

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/06/2019 13:09 WIB
Robby Sugara, dari Mengoles Krim Rambut Sampai ke Layar Lebar Aktor senior Robby Sugara berperan dalam banyak film sejak era 1970-an. (Herianto Batubara/detikHOT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama aktor Robert Isaac Kaihena Sugara alias Robby Sugara kini tidak setenar dulu. Pada Kamis (13/6) ia kembali menjadi perbincangan. Robby meninggal lantaran sakit jantung.

Meski begitu, ia adalah aktor yang sangat tenar pada dekade 1970-an dan 1980-an. Namanya mulai dikenal ketika membintangi iklan krim rambut untuk kaum Adam.

Di awak karier seni peran Robby tampil dalam film 'Rahasia Perawan' (1975). Ia berperan sebagai Agus, anak orang kaya yang memilih minggat dari rumah dan mencari uang sendiri karena ayahnya berencana menikah lagi setelah ibunya meninggal.


Dapat dikatakan nama Robby meroket setelah tampil dalam film tersebut. Setelahnya, pada tahun 1976 ia bermain dalam tujuh film, yaitu 'Sentuhan Cinta', 'Wajah Tiga Perempuan', 'Ranjang Siang Ranjang Malam', 'Kisah Cinta', 'Ciuman Beracun', 'Liku-liku Panasnya Cinta' dan 'Widuri Kekasihku'.


Pria berdarah campuran Jawa-Ambon-Belanda ini terus aktif berakting pada tahun-tahun berikutnya. Ia berperan dalam delapan film pada 1977, tujuh di 1978, tiga pada 1979 dan tujuh pada 1980.

Pada awal dekada 1980-an intensitas Robby muncul di layar lebar mulai berkurang. Pada tahun 1981 ia berperan dalam lima film, sedangkan tahun 1983 ia hanya bermain dalam satu film bertajuk 'Ke Ujung Dunia'.

Baru pada dekade 1990 dan 2000-an awal Robby beralih ke layar kaca. Sinetron 'Cintailah Aku', 'Jangan Pergi Dariku', 'Ksatria Banjaran' dan 'Tersanjung' adalah sejumlah sinetron yang pernah ia bintangi.

Pada 2015 pria yang lahir pada 20 Juli 1950 ini kembali ke layar lebar lewat film 'Garuda Superhero' dengan berperan sebagai Tuan Derma. Film itu disebut sebagai film Indonesia pertama yang banyak menggunakan teknik computer-generated imagery (CGI).


Ia sempat kembali aktif dengan tampil di film 'Terjebak Nostalgia' dan 'The Fabulous Udin' pada 2016. '3 Dara 2' sebagai Ayah Richard menjadi perannya yang terakhir.

Kabar meninggal tersebut dikonfirmasi oleh Ferdinan yang merupakan menantunya. Robby meninggal pada Kamis (13/6) dini hari, saat ini disemayamkan di rumah duka RS UKI, Jakarta Timur.

Ferdinan menjelaskan Robby berada di rumahnya saat kena serangan jantung. Aktor senior itu kemudian dibawa ke RS Adhyaksa, Jakarta Timur, namun keadaannya sudah kritis hingga menghembuskan napas terakhir di sana.

Menurut Ferdinan, mertuanya tidak memiliki riwayat penyakit jantung, namun pernah mengalami stroke ringan dan mengidap penyakit gula. Rencananya, mendiang Robby Sugara akan dikuburkan di Tempat Pemakaman Umum Pondok Ranggon, Jakarta Timur, pada Jumat (14/6).

[Gambas:Video CNN] (adp/rea)