Sutradara Salahkan Diri Sendiri atas Kegagalan 'Dark Phoenix'

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 10:49 WIB
Sutradara Salahkan Diri Sendiri atas Kegagalan 'Dark Phoenix' 'X-Men: Dark Phoenix' flop di bioskop. (Dok. 20th Century Fox via Youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara X-Men: Dark Phoenix, Simon Kinberg menyalahkan dirinya sendiri atas kegagalan film yang dibintangi Sophie Turner itu di box office.

Dalam sebuah wawancara Kinberg mengatakan, "Jelas bahwa film itu tidak terkoneksi dengan penonton yang belum menonton film-film sebelumnya. Itu juga tidak terkoneksi dengan penonton yang telah menyaksikannya. Jadi itu salah saya," ujarnya pada The Business.

Kinberg sendiri mengaku suka filmnya. Ia masih terkenang proses pembuatan film itu, di mana dirinya sangat menikmatinya dan menyukai orang-orang yang bekerja dengannya.



Namun film yang bercerita tentang latar belakang Jean Grey (Turner) sebagai mutan X-Men terkuat yang sulit mengontrol kekuatannya itu, berakhir mengecewakan.

Saat debut di Amerika Serikat pekan lalu, ia hanya mengantongi US$33 juta. Dari box office global, meski menduduki puncak, film itu hanya mendapatkan US$140 juta. Padahal biaya produksinya mencapai US$350 juta, membuatnya rugi sampai US$120 juta (Rp1,7 triliun).

Ia pun disebut-sebut sebagai film X-Men dengan debut terburuk.

Beberapa hari setelah film itu tayang dan flop, Kinberg mengaku mendapat banyak surat elektronik, terutama dari koleganya di industri film Hollywood. Salah satu yang diingatnya adalah dari Tim Miller, yang pernah bekerja sama dengannya membuat Deadpool pertama.


"Dia mengirimi saya surel, berempati karena filmnya tidak berjalan dengan baik. Dia menulis, orang akan menonton film ini secara berbeda, dan bisa jadi tidak di momen ini, melihat hal-hal [baik] di dalamnya dan mereka akan mengapresiasinya," cerita Kinberg.

Menurutnya, Miller sendiri mengapresiasi film itu sebagai penggemar.

Banyak yang menganalisis berbagai faktor penyebab Dark Phoenix gagal. Di antaranya: tim kreatif Kinberg mengambil pelajaran yang salah dari seri X-Men sebelumnya, Apocalypse, ada kelelahan dan kebosanan akan X-Men di pasar, dan keputusan untuk terus memundurkan jadwal tayangnya.

Namun seri waralaba X-Men memang sudah bermasalah sejak awal, ketika Bryan Singer hengkang dan membuat Kinberg harus mengisi posisinya sebagai sutradara sejak Apocalypse.


Dalam wawancara yang sama Kinberg mengatakan, ia tidak akan menyutradarai X-Men lagi. Apalagi sekarang Fox sudah diakuisisi Disney, di mana bos Marvel Kevin Feige bakal lebih mengontrol karakter-karakter mutannya kembali, seperti yang dilakukannya dengan Avengers.

Kinberg sendiri akan terlibat dalam pengambilan gambar ulang untuk New Mutants yang memang sudah lama ditunda dan baru dipastikan rilis April 2020. Usai itu, ia 'angkat tangan.' Apalagi karena saga X-Men sudah dibuat berakhir dengan Dark Phoenix sebagai penutupnya.

"Saya mencintai karakter-karakter ini. Saya mencintai dunia ini. Saya akan sangat antusias menanti apa yang akan Marvel lakukan dengan mereka," ujarnya soal akan merindukan X-Men, dikutip dari The Hollywood Reporter.

[Gambas:Video CNN] (rsa)