Pendapatan 'Men in Black: International' Meleset dari Target

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 00:16 WIB
Pendapatan 'Men in Black: International' Meleset dari Target Chris Hemsworth. (Anthony Kwan/Getty Images for Sony Pictures Entertainment /AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hollywood tampaknya mulai jenuh dengan film franchise yang keluar pada musim panas ini. Pasalnya, dua film sekuel terbaru yakni 'Men in Black: International' dan 'Shaft' tidak mendapatkan sambutan positif dari masyarakat.

Walaupun demikian, MIB keluaran Sony masih memimpin penjualan tiket box office akhir pekan ini dengan mengantongi US$28,5 juta. Sayangnya, jumlah ini masih di luar ekspektasi awal.

Jumlah tersebut mewakili setengah dari jumlah pendapatan sebelumnya dalam seri fiksi ilmiah yang didapat selama akhir pekan pertama mereka di bioskop. Versi MIB terbaru yang diperankan Tessa Thompson dan Chris Hemsworth tidak diharapkan mencapai pendapatan yang sama dengan film-film asli yang dibintangi Will Smith dan Tommy Lee Jones.
Namun, analis tetapi mengantisipasi pendapatan awal film ini di atas US$30 juta. Disutradarai oleh F. Gary Gray, sekuel ini mengkisahkan Thompson dan Hemsworth bekerja sama sebagai agen rahasia yang melindungi Bumi dari serangkaian serangan alien.


"Men in Black: International" sekarang menjadi film yang populer bagi penonton bioskop di luar negeri. Sony membiayai film dengan Hemisphere dan Tencent dengan menghabiskan US$110 juta untuk memproduksi film. Dana ini sekitar setengah dari biaya pembuatan MIB 3.

Para kritikus memuji chemistry antara Hemsworth dan Thompson, yang pertama kali berbagi layar di "Thor: Ragnarok,". Sayangnya, ulasan film ini berkata sebaliknya.

Film ini mendapatkan score 24% pada Rotten Tomatoes.

"Men in Black: International" bukan satu-satunya sekuel akhir pekan ini yang mendapat respon negatif dari pembeli tiket. Film terbaru Warner Bros dan New Line 'Shaft' yang dibintangi oleh Samuel L. Jackson gagal dengan penjualan US$8,3 juta dari 2.952 lokasi.
Pendapatan tersebut kurang dari setengah dari apa yang diprediksi oleh para penonton box office dalam tindak lanjutnya dalam tiga hari pertama rilis. Sebagai perbandingan, 2000's 'Shaft' memulai debutnya dengan US$21,7 juta.

Remake terbaru menyatukan kembali tiga generasi pria Shaft, diperankan oleh Jackson, Jessie Usher, dan Richard Roundtree yang membintangi film asli tahun 1971.

Secara keseluruhan, penjualan tiket di box office domestik turun lebih dari 7% dibandingkan tahun lalu, menurut Comscore. Sejumlah calon blockbuster yang akan datang, termasuk Disney "Toy Story 4" dan "Spider-Man: Far From Home" dari Disney, diharapkan untuk menghidupkan kembali bioskop di musim panas. (age/age)