Gus Miftah, Ulama Pembimbing Deddy Corbuzier Masuk Islam

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 14:41 WIB
Gus Miftah, Ulama Pembimbing Deddy Corbuzier Masuk Islam Gus Miftah merupakan ulama pembimbing Deddy Corbuzier melantunkan dua kalimat syahadat, Jumat (21/6). (Screenshot via instagram (@gusmiftah))
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama ulama Gus Miftah tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Bukan karena dakwah di kelab malam seperti yang biasa ia lakukan, melainkan karena menuntun Deddy Corbuzier mengucapkan dua kalimat syahadat untuk masuk agama Islam, Jumat (21/6).

Pria yang memiliki nama asli Miftah Maulana Habiburrahman bukan orang baru dalam dunia ulama di Indonesia. Ia memulai menjadi ulama saat berusia 21 tahun pada 2002.

Berdasarkan informasi yang dihumpun CNNIndonesia.com, di masa-masa pertama menjadi ulama Gus Miftah sering salat di kawasan Sarkem, Yogykarta. Itu merupakan tempat lokalosasi paling terkenal di Yogyakarta. Namun ia tak hanya salat di sana.



Gus Miftah juga berdakwah di kawasan Sarkem. Ia bahkan tak segan berdakwah di tempat hiburan malam, kelab malam dan tempat pijat plus-plus, dua minggu sekali.

Ternyata dakwah Gus Miftah di dunia malam sampai ke Bali. Pada September lalu sempat beredar video Gus Miftah ceramah dan berselawat di Boshe VVIP Club, Bali.

Gus Miftah yang suka dakwah berkeliling itu, ternyata sudah punya pesantren. Ia mendirikan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta, pada 2011. Di pondok itu ia menampung santri dari berbagai kalangan, termasuk yang mantan narapidana dan mantan PSK.


Ia pun semakin dikenal sebagai ulama muda yang nyentrik karena memiliki rambut bagian belakang kepala yang panjang. Jarang ulama yang memiliki gaya rambut sepertinya.

Belakangan, Gus Miftah dikenal dekat dengan Deddy Corbuzier.

Sebelum memandu mengucapkan dua kalimat syahadat di pondok pesantrennya, usai salat Jumat tadi, Gus Miftah beberapa kali tampil di YouTube Deddy. Terhitung ia pernah tampil dalam 10 video yang dibuat Deddy. (adp/rsa)