Masuk Islam, Deddy Corbuzier Sowan ke Ma'ruf Amin

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 20:45 WIB
Masuk Islam, Deddy Corbuzier Sowan ke Ma'ruf Amin Deddy Corbuzier berkunjung ke kediaman Ma'ruf Amin, ditemani kekasihnya, Sabrina. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Deddy Corbuzier mengunjungi kediaman calon wakil presiden terpilih yang juga mantan Rais Aam PBNU dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin, Jumat (21/6) malam.

Deddy sendiri baru menjadi mualaf dan mengucap dua kalimat syahadat untuk masuk Islam di Yogyakarta, siang tadi.

Pantauan CNNIndonesia.com, Deddy datang ke rumah Ma'ruf di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta sekitar pukul 18.15 WIB. Ia datang didampingi Gus Miftah, ulama pemilik pondok pesantren tempatnya memeluk agama Islam, sekaligus yang membimbingnya kata per kata mengucap dua kalimat syahadat.


Di Menteng, Deddy mengadakan pertemuan tertutup dengan Ma'ruf selama sekitar 90 menit. Hadir pula Ustaz Yusuf Mansur dan Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faisal Zaini dalam pertemuan tersebut.


Usai pertemuan itu, Deddy mengaku mendapat banyak pesan bijak dari Ma'ruf. Salah satunya soal pola makan sang kiai.

"Kalau tadi pesan-pesannya pasti yang bijak, yang baik dan sebagainya. Tapi justru yang saya dapat bukan pesan itu, [yang saya dapat] ketika makan ialah pesan diet beliau. Pola makan beliau yang luar biasa yang saya dapat," ucap Deddy.

Menurut cerita pemandu acara Hitam Putih itu, pertemuan diawali dengan salat Magrib berjamaah.

"Alhamdulillah ya, itu hal yang saya enggak sangka. Tadinya silaturahmi saja tapi enggak nyangka diajak juga ke dalam. Saya deg-degan juga," ucap Deddy soal salat berjamaah itu.


Usai menemui Ma'ruf, Gus Miftah yang menemani Deddy dan selama beberapa bulan terakhir menjadi tempat sang magician belajar Islam, akan mengajaknya sowan ke Habib Luthfi bin Yahya. Pertemuan itu rencananya terjadi di kediaman Habib Luthfi di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Itu akan menjadi kiai ketiga yang ditemuinya, setelah Ma'ruf dan Ketua PBNU Said Aqil Siroj.

"Karena tiga kiai yang saya janjikan kemarin. Sudah 2 kurang 1," kata Gus Miftah menjelaskan pada media.

Pertemuan dengan Said Aqil sendiri kemungkinan terjadi saat Deddy masih di bandara. Dalam video singkat yang diunggah Deddy ke akun Instagram-nya, ia dan Gus Miftah menengadahkan tangan saat mengikuti doa yang dipimpin Said Aqil.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

Deddy juga mengunggah video pertemuannya dengan Ma'ruf ke Instagram. Di sana ia memuji Ma'ruf yang makan kerupuk.

"Ini baru keren," katanya.

Ia melanjutkan sembari mengacungkan jempol, "Kita makan daging, ini makannya kerupuk. Sehat, makan kerupuk."

Dalam pertemuan itu Deddy juga ditemani kekasihnya, Sabrina Chairunnisa. Disebut-sebut ia merupakan alasan Deddy pindah agama. Namun Deddy maupun Gus Miftah membantah rencana pernikahan dengan Sabrina lah yang membuatnya jadi mualaf.

Momen Deddy sowan ke kediaman Ma'ruf Amin.Momen Deddy sowan ke kediaman Ma'ruf Amin. (Detikcom/Usman Hadi)
(bmw/rsa)