Sinopsis 'Parasite', Film Korea Pemenang Cannes 2019

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 17:23 WIB
Sinopsis 'Parasite', Film Korea Pemenang Cannes 2019 Film 'Parasite' karya Boong Joon-ho menjadi perbincangan usai memenangkan Palme d'Or, kategori tertinggi di ajang bergengsi Cannes Film Festival 2019. (Dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film Parasite karya Boong Joon-ho menjadi perbincangan usai memenangkan Palme d'Or, kategori tertinggi di ajang bergengsi Cannes Film Festival 2019.

Kemenangan itu pun berdampak pada rasa penasaran penonton yang terus meninggi soal film ini, termasuk sinopsisnya.

Film ini memenangkan pujian dari berbagai kritikus, bukan hanya dari juri Cannes Film Festival, melainkan dari kritikus Hollywood. Laman agregator Rotten Tomatoes memberikan nilai 98 persen untuk film ini.


Parasite mengisahkan kehidupan keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho), seorang supir cabutan yang menikah dengan istrinya Choong Sook (Jang Hye-jin) bersama dua anak mereka yang sudah berusia belasan tahun di sebuah apartemen bawah tanah yang tak layak huni.


Mereka semua pengangguran. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka menggantungkan diri pada pendapatan kecil dari melipat kotak piza.

Namun suatu hari, putra dalam keluarga itu, Ki-woo mendapatkan pekerjaan mengajar les yang memungkinkan ia memperoleh pendapatan tetap.

Pekerjaan itu sendiri sebenarnya didapat Ki-woo untuk menggantikan temannya yang melanjutkan kuliah di luar negeri.
Kondisi kehidupan keluarga Kim di film 'Parasite'.Kondisi kehidupan keluarga Kim di film 'Parasite'. (Dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Menjadi tumpuan keluarganya, Ki-woo kemudian datang ke rumah keluarga yang akan membayarnya sebagai guru les, keluarga Park yang merupakan pengusaha di bidang IT.

Namun saat Ki-woo tiba di rumah keluarga Park dan bertemu dengan seorang wanita muda dari rumah itu, Yeon-kyo, saat itulah strategi untuk menarik keluarganya dari kemiskinan dimulai.

Bukan hanya itu, antara kedua keluarga yang berbeda strata ekonomi pun terjalin simbiosis. Keluarga Kim menyediakan layanan kemewahan untuk keluarga Park yang mengeluarkan keluarga Kim dari lingkungan miskin.
Sinopsis 'Parasite', Film Korea Pemenang Cannes 2019Parasite mengisahkan kehidupan keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho), seorang supir cabutan yang menikah dengan istrinya Choong Sook (Jang Hye-jin) bersama dua anak mereka. (Dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Namun simbiosis itu tak bertahan lama. Dibalut dengan komedi, film thriller ini pun penuh dengan pertarungan antara keserakahan dan segala prasangka.

Film Parasite dibintangi oleh aktor kenamaan Korea Selatan, Song Kang-ho yang memerankan sosok Kim Ki-taek, lalu ada Jang Hye-jin sebagai Choong-sook, Choi Woo-shik sebagai Kim Ki-woo, dan Park So-dam sebagai Kim Ki-jung.

Selain mereka, film ini juga dibintangi Lee Sun-kyun sebagai Tuan Park, Cho Yeo-jeong sebagai Yeon-kyo, Jung Ji-so sebagai Park Da-hye, dan Jung Hyun-joon sebagai Park Da-song.


Film Parasite sempat menjadi jawara di box office selama dua pekan pertama penayangannya. Kini, film ini telah menjual 9 juta tiket dan mendulang US$67 juta, hanya di Korea Selatan.

Sejauh ini, Parasite telah ditayangkan di Korea Selatan, Perancis, Swiss, Hong Kong, Vietnam, Indonesia, dan akan menyusul di Singapura, Australia, Selandia Baru, dan Taiwan.

Sedangkan untuk wilayah Rusia, Jerman, Polandia, Kanada, Amerika Serikat, Spanyol, Yunani, dan Hungaria akan menayangkan Parasite pada bulan-bulan mendatang.

Di Indonesia, film Parasite telah dirilis sejak Senin 24 Juni ini bisa disaksikan di jaringan bioskop CGV dan Cinemaxx.

[Gambas:Youtube]

(end)