Sepekan Menghilang, YouTuber Etika Ditemukan Meninggal Dunia

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 13:51 WIB
Sepekan Menghilang, YouTuber Etika Ditemukan Meninggal Dunia YouTuber asal Amerika Serikat, Desmond Amofah atau yang dikenal dengan nama Etika ditemukan meninggal dunia setelah hampir sepekan menghilang. (Istockphoto/Katarzyna Bialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian New York mengatakan YouTuber asal Amerika Serikat, Desmond Amofah atau yang dikenal dengan nama Etika ditemukan meninggal dunia setelah hampir sepekan dirinya menghilang.

YouTuber 29 tahun tersebut dikenal berkat ulasan dan kritikan terhadap gim Nintendo. Di hari sebelum dirinya diketahui menghilang, dia sempat membuat resah para penggemarnya.

Etika diketahui sempat menggunggah sebuah video berdurasi delapan menit yang mengungkapkan dirinya sempat terpikir untuk bunuh diri.


Kepolisian New York mengatakan dirinya menghilang setelah berbincang di telepon pukul 20.00 pada 19 Juni lalu.


Polisi telah merilis pencarian Etika di media sosial yang mencantumkan foto YouTuber terkenal yang diketahui merupakan warga Brooklyn, New York.

Polisi mengatakan pada Senin malam petugas dipanggil ke wilayah South Street Seaport di Manhattan Selatan atas penemuan mayat mengambang.

[Gambas:Instagram]

Setelah menemukan mayat tersebut, yang kemudian diketahui meninggal di lokasi perkara, polisi mulai melakukan investigasi dan kemudian berhasil mengidentifikasi jenazah adalah Etika.

Amofah atau Etika mulai mengunggah videonya di YouTube dan platform lainnya sejak 2012 dan telah mendulang ratusan ribu pengikut di media sosial, termasuk Twitter dan Instagram.


Bukan hanya soal permainan, YouTuber Etika diketahui kerap menyuarakan masalah gangguan kesehatan mental yang ia derita. Seperti pada video terakhirnya yang bertajuk "I'm sorry", ketika dirinya berjalan di jalanan New York dan mengungkapkan keinginan untuk mengakhiri hidup.

"Media sosial bisa memberikan sebuah gambaran atas apa yang kau inginkan atas hidup dan bisa benar-benar menjadi tidak proporsional," kata Etika dalam video tersebut. "Itu memakan saya,"

Video tersebut kemudian dicopot oleh YouTube dengan alasan melanggar aturan terkait kekerasan. Namun tindakan tersebut terbilang terlambat lantaran banyak netizen kadung menyebarkannya ke dunia maya.

[Gambas:Instagram]

Masalah depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu, misalnya saja Komunitas Save Yourselves https://www.instagram.com/saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi  (end)