Sinopsis 'Yesterday', Ketika Dunia Tak Kenal The Beatles

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 20:22 WIB
Sinopsis 'Yesterday', Ketika Dunia Tak Kenal The Beatles Himesh Patel berperan menjadi Jack Malik, satu-satunya orang di dunia yang tahu tentang The Beatles dalam 'Yesterday'. (dok Universal Pictures UK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika Jack Malik (diperankan Himesh Patel) benar-benar siuman dari kecelakaan sepeda yang dialaminya, ia kebingungan. Bukan karena amnesia, tetapi karena di dunia tempatnya terbangun, tak ada yang pernah mendengar The Beatles. Sungguh aneh!

Kemarin, sebelum kecelakaan itu terjadi, dunia terlihat normal dan baik-baik saja. Dalam trailer Yesterday pun dikatakan, "Kemarin, Jack memiliki hidup yang biasa saja." Artinya, kini hidup Jack tidak biasa saja, karena bagi semua orang lain, tidak pernah ada The Beatles di dunia.


Menjadi satu-satunya manusia yang mengetahui dan tampaknya hafal benar diskografi The Beatles, orang-orang selalu terkesan dan kagum ketika Malik menyanyikan salah satu lagu kuartet asal Liverpool itu. Malik adalah seorang musisi. Sebelum kecelakaan, ia bermain dengan bersemangat di depan empat penonton saja. Malik membutuhkan keajaiban.


Konflik bermunculan ketika Malik menjadi populer berkat karya-karya yang ditulis oleh John Lennon, Paul McCartney, Ringo Starr dan George Harrison, nama-nama yang tidak pernah dikenal orang, bahkan tidak ada dalam pencarian Google. Dalam salah satu adegan, Malik melantunkan lagu 'Yesterday' kepada teman-temannya yang sampai kehilangan kata-kata.

"Apa yang kau tulis itu?" tanya salah seorang wanita, dipenuhi kekaguman atas dentingan gitar yang baru didengarnya.

Namun Malik mendapatkan keajaiban, meraih mimpinya. Ia manggung di tempat-tempat besar dan ditonton ribuan pasang mata, melakukan rekaman di studio sungguhan, bahkan diundang menghadiri acara-acara televisi populer. Malik pun terlibat romansa yang nyaris membuatnya kehilangan orang terdekatnya, Ellie (diperankan oleh Lily James).


Masalah jadi rumit karena dengan membawakan lagu-lagu The Beatles yang diakui sebagai karya pribadi, berarti Malik membohongi seisi dunia. Seberapa jauh seorang biasa bisa membawa beban seperti itu?

Yesterday yang disutradarai oleh Danny Boyle ini pastinya dipenuhi oleh karya populer The Beatles. Solois Ed Sheeran dan pemandu acara James Corden muncul sebagai diri mereka sendiri, sementara Kate McKinnon didapuk sebagai agen handal Malik bernama Debra Hammer.

Yesterday tampaknya akan lebih banyak berkisah dari sisi kemanusiaan, bukan terfokus pada The Beatles maupun perjalanan karier. Tentang bagaimana popularitas menjadi daya tarik luar biasa bagi Malik, mungkin bagi setiap orang yang setiap harinya hanya memandangi foto para selebriti dan berpikir apa saja bisa dilakukan oleh orang dengan pengaruh sedemikian besar, serta bagaimana perasaan bersalah bisa merenggut kebahagiaan.

Jack Malik berada di persimpangan, mempunyai dua pilihan yang masing-masing memiliki konsekuensi tak mudah. Terlalu banyak yang dipertaruhkan dan sedihnya, 'judi' kehidupan ini berlangsung tanpa ada The Beatles.

[Gambas:Video CNN] (rea)