FOTO: 'I La Galigo', Cerita Bugis yang Berkeliling Dunia

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/07/2019 07:47 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- 'I La Galigo' merupakan sebuah pementasan yang naskahnya diadaptasi dari 'Sureq Galigo', wiracarita tentang mitos penciptaan suku Bugis.

'I La Galigo' merupakan sebuah pementasan yang naskahnya diadaptasi dari 'Sureq Galigo', wiracarita tentang mitos penciptaan suku Bugis yang terabadikan lewat tradisi lisan dan naskah-naskah. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)
Epos itu terekam dalam bentuk syair (sekitar abad ke-13 dan ke-15) dalam bentuk puisi bahasa Bugis kuno yang juga ditulis dalam huruf Bugis kuno. Puisi ini terdiri dalam sajak bersuku lima yang menceritakan kisah asal usul manusia. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)
Dalam versi adaptasi ke atas panggung ini, Sureq Galigo menjadi dasar dari sebuah kisah yang menggambarkan petualangan perjalanan, peperangan, kisah cinta terlarang, upacara pernikahan yang rumit, dan pengkhianatan. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)
Kisahnya berpusat pada kehidupan Sawerigading yang jatuh cinta pada saudara kembarnya We Tenriabeng. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)
Rekam jejak pertunjukan I La Galigo yang berada di bawah arahan sutradara teater dari Amerika, Robert Wilson, ini memang tak lagi diragukan. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)
Setelah berkelana di pentas-pentas kelas dunia seperti di Singapura, New York, Amsterdam, Barcelona, Perancis, dan Milan, dan akhirnya kembali ke Indonesia, pertunjukannya cukup memukau. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)
Dengan cerita yang diadaptasi oleh Rhoda Grauer, Wilson mengemas pertunjukan ini dengan koreografi indah dan latar panggung yang cukup mewah. Padahal hanya menggunakan permainan cahaya lampu. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)
Ia tampak mengonsepnya dengan cukup apik, belum lagi ini didukung dengan properti, busana, aksesoris, serta iringan musik yang menambah nilai pertunjukan ini. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)
Secara keseluruhan, pertunjukan ini menyampaikan cerita tentang petualangan perjalanan, peperangan, kisah cinta terlarang, upacara pernikahan yang rumit, serta pengkhianatan dengan menarik. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)
Selain karena pertunjukan kelas dunia, pentas ini juga patut disaksikan sebagai pengetahuan akan legenda tentang budaya dari tanah Bugis. (Dok: Bakti Budaya Djarum Foundation)