Netizen Respons Aksi 'Minke' di Trailer 'Bumi Manusia'

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/07/2019 18:40 WIB
Netizen Respons Aksi 'Minke' di Trailer 'Bumi Manusia' Iqbaal Ramadhan sebagai Minke dalam film 'Bumi Manusia'. (Falcon Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film adaptasi karya Pramoedya Ananta Toer yang telah diantisipasi cukup lama Bumi Manusia, merilis trailer pada Kamis (4/7) sore. Tak lama setelah tayang di YouTube, netizen pun beramai-ramai memberi respons tentang film garapan Hanung Bramantyo itu.

Bumi Manusia dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Minke, Mawar Eva De Jongh sebagai Annelies, Sha Ine Febrianti sebagai Nyai Ontosoroh dan beberapa pendukung seperti Ayu Laksmi, Donny Damara, Jerome Kurnia, Giorgino Abraham, Bryan Domani, Christian Sugiono, Ciara Brosnan, sampai Hans de Krekker.


Banyak sanjungan untuk cuplikan Bumi Manusia, namun tak sedikit pula yang meragukan kehadiran Iqbaal. Sebagian lain mempertanyakan mengapa film ini lebih terlihat seperti kisah percintaan.













Terkait trailer tersebut, Hanung menjelaskan membuat gambaran film dalam video bukanlah pekerjaan mudah. "Kita sebenarnya susah membuat trailer ini, karena setiap adegan itu sebenarnya clue. Bumi Manusia itu novel yang buat saya itu sangat utuh, semua adegan yang dipaparkan saling keterkaitan dengan yang lain," katanya.

"Jadi saya harus menyesuaikan dan memasukkan adegan tanpa penonton bisa menebak. Semoga penonton tidak ter-spoiler dengan trailer ini, karena cukup sulit menyusun adegan (di dalam trailer)," lanjut Hanung.

Peluncuran trailer Bumi Manusia tersebut dilakukan bersamaan dengan trailer Perburuan yang disutradarai oleh Richard Oh. Kelak, penayangan kedua film juga direncanakan bersamaan pada 15 Agustus mendatang. Menurut Frederica, produser Falcon Pictures, keputusan itu diambil bukan atas nama persaingan.

"Jadi ini adalah karya Pak Pram yang sama masterpiece, sama-sama ditulis dari balik jeruji penjara, sama-sama ditulis naskahnya. Dasar itu sebenarnya yang meyakini kami kenapa melakukannya secara spesial untuk perilisan dua film sekaligus," katanya.

"Kami merasa dua karya besar ini harus dirayakan bersama. Makanya kami lakukan di Agustus ini, di bulannya Pramoedya Ananta Toer," lanjut Frederica.

[Gambas:Video CNN] (rea)