Niki Zefanya dan Ambisi Jujur dalam Bermusik

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 07/07/2019 20:39 WIB
Niki Zefanya dan Ambisi Jujur dalam Bermusik Niki Zefanya menceritakan pengalamannya bertemu Randy Jackson, salah satu juri American Idol. (CNN Indonesia/M. Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- "Saya orang yang sangat jujur. Kalau disuruh ngomong apa, tapi kalau enggak sehati saya enggak bakal ngomong. Kalau gue enggak setuju aku enggak bakal ngomong itu," kata Niki Zefanya.

Dengan tegas, musisi yang memiliki nama lengkap Nicole Zefanya ini mengklaim dirinya sebagai orang yang sangat jujur. Bukan hanya dalam kegiatan sehari-hari, ia juga berusaha melakukannya dalam musik.

Pertengahan Mei lalu, ia merilis album mini kedua bertajuk wanna take this downtown? yang berisikan empat lagu. Lagu-lagu tersebut bernuansa personal yang berasal fase kontemplasi dalam hidupnya saat menghadapi berbagai masalah.


Salah satu peristiwa besar adalah ketika ibunya mengidap penyakit kanker. Akhirnya, Niki harus merelakan sang ibu. Ia mengungkapkan, hal itu tak mudah untuk dihadapi.


"Bagi saya (membuat lagu dari hal-hal) personal itu penting. Kalau dari pengalaman sendiri kan saya merasa bahwa lagu-lagunya bakal terdengar sangat jujur," kata Niki dalam wawancara terbatas di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Pada 2017 Niki pindah ke Los Angeles untuk mempelajari musik di Lipscomb University. Di tahun yang sama, ia resmi bekerja sama dengan 88rising, label AS yang lebih dulu menaungi rapper Rich Brian. Meski sangat dekat dengan musik, ia tidak pernah menyangka akan menjadi musisi seperti hari ini.

Mempelajari piano selama delapan tahun dan gitar saat kelas empat Sekolah Dasar, kala itu orang tua Niki hanya menganggap kegiatan bermusik sebagai hobi. Saat itu Niki dan keluarganya masih berpikir harus mendapat ijazah sebagai modal bekerja.

"Bener-bener enggak sengaja jadi musisi. Pesan moral dari cerita ini adalah saya pilih menjadi musisi karena ingin memotivasi pemuda Asia di mana pun mereka berada," kata musisi berusia 20 tahun ini.


Selama berkarier di industri musik AS, Niki merasakan pengalaman luar biasa. Salah satunya ketika bertemu Randy Jackson yang pernah menjadi juri American Idol. Niki mengaku merasa tersanjung ketika Jackson ternyata mengetahui lagu-lagunya.

Bahkan Jackson memberi saran padanya untuk terus melakukan apa yang ia lakukan saat ini. Menurut Jackson, jangan pernah mencoba jadi sesuatu yang bukan diri sendiri karena kemungkinan besar akan gagal.

"Sejak ketemu Jackson enggak memikirkan lagi (harus seperti siapa). Jadi saya hanya membuat musik yang menginspirasi saya. Saya merasa itu diriku sebenarnya dan saya akan fokus di sana," kata Niki.

Karier Niki sebagai musisi mulai dikenal dunia internasional sejak merilis album mini Zephyr (2018). Mini album tersebut terasa sangat RnB dan cocok dengan karakter suara Niki. Beberapa media internasional memujinya, salah satunya adalah Pitchfork.

Tahun ini ia berencana merilis album perdana bertajuk Moonchild. Selama proses produksi, ia mengungkapkan paling suka tahapan membuat konsep karena akan merasa puas ketika penggarapan lagu rampung. Katanya, rasanya seperti melahirkan seorang anak.

[Gambas:Video CNN] (adp/rea)