Mantan Park Yoochun, Hwang Hana Dituntut 2 Tahun Penjara

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 04:10 WIB
Mantan Park Yoochun, Hwang Hana Dituntut 2 Tahun Penjara Ilustrasi. (Istockphoto/chinaface)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan kekasih Park Yoochun, Hwang Hana dituntut dua tahun penjara oleh jaksa pada persidangan akhir kasus narkoba pada hari ini (10/7). Persidangan ini dilaksanakan di Pengadilan Distrik Suwon.

Dilansir dari Soompi, dalam persidangan tersebut, jaksa menuntut Hwang Hana diganjar atas perbuatannya dengan dua tahun penjara dan denda sebesar 2,2 juta won atau sekitar Rp26,3 juta.

Jaksa menyatakan, "Terdakwa membeli dan menyuntikkan Philopon beberapa kali. Karena perbuatannya ini membahayakan, kami meminta hukuman selama dua tahun penjara dan denda sebesar 2,2 juta won,"


Namun, pengacara dari pihak Hwang Hana memohon keringanan kepada hakim. Dalam hal tersebut, pengacara mengatakan bahwa Hwang telah ditahan sejak April lalu di pusat penahanan.


Selama lebih dari tiga bulan ditahan, pengacara menyatakan Hwang Hana telah menyadari perbuatannya. Mereka memohon hukuman agar ia dirawat dan memungkinkan untuk hidup aman bersama keluarganya.

Pengacara juga melanjutkan bahwa konflik yang pernah terjadi untuk beberapa tuduhan bukan karena Hwang menyangkal perbuatannya, namun karena ada perbedaan antara tuduhan dan ingatannya.

Diberitakan oleh Osen, dalam akhir persidangan, Hwang Hana membacakan permintaan maafnya yang panjang sambil berlinang air mata.

"Saya meminta maaf karena telah menyebabkan keributan di masyarakat. Saya malu memikirkan kesalahan yang saya perbuat di masa lalu, tapi saya dengan tulus akan menyesali perbuatan saya," kata Hwang Hana.


"Saya benci pada diri saya karena saya hanya bisa melihat keluarga saya dikritik dan terluka dari dalam pusat penahanan. Menjalani kehidupan dalam pusat penahanan membuat saya menyadari akan nilai dibalik kebebasan," ujarnya.

Ia juga menyatakan ia ingin menerima perawatan dan kembali ke masyarakat sebagai manusia yang utuh. Hwang juga menyatakan, setelah bebas nanti, ia memiliki rencana untuk membantu orang-orang pecandu narkoba dan penderita gangguan makan.

"Sekali lagi, saya sangat merenungkan diri sendiri karena telah melanggar hukum dan menyebabkan keributan di masyarakat," katanya.


Hwang Hana adalah mantan kekasih Park Yoochun yang didakwa karena memakai narkoba jenis Philopon pada rentang waktu Mei dan Juni 2015, September 2015, dan antara Februari dan Maret 2019.

Ia memakainya bersama sang mantan personel boyband JYJ tersebut. Park diganjar 10 bulan masa percobaan dan perawatan, serta denda sebesar 1,4 juta won atau sekitar Rp16,7 juta.

Keputusan akhir untuk hukuman Hwang Hana akan dilakukan pada tanggal 19 Juli 2019 mendatang pada pukul 10 pagi waktu Korea. (taj/end)