Obituari

Rudy Badil, Sahabat Soe Hok Gie yang Gemar Melucu

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 10:47 WIB
Rudy Badil, Sahabat Soe Hok Gie yang Gemar Melucu Rudy Badil (kiri) bersama sahabat lamanya Indro Warkop. (dok. Detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Rudy Badil mungkin tidak sepopuler Indro Warkop atau Soe Hok Gie, namun pria ini mempunyai hubungan dekat dengan dua nama di atas. Bahkan, ia memegang peran penting dalam grup lawak veteran Indonesia, Warung Kopi DKI atau Warkop DKI.

Awalnya, Rudy berkawan dengan Kasino Warkop dan Nanu Mulyono di Universitas Indonesia. Ketiganya yang sama-sama gemar melucu mulai sering menghibur teman-teman mereka, sehingga menarik perhatian Temmy Lesanpura yang saat itu bekerja di Radio Prambors.


Program bertajuk Obrolan Santai di Warung Kopi diluncurkan dan menciptakan banyak tawa. Saat itu, Rudy banyak memerankan karakter orang Jawa.


Beberapa tahun kemudian, Dono dan Indro bergabung dalam kelompok yang namanya makin populer itu. Dari panggung ke panggung, kelima orang tersebut dikenal lebih banyak orang hingga mendapat tawaran bermain film.

Rudy lantas mengundurkan diri dari Warkop. Alasannya, ia kerap mengalami demam panggung. Ia pun beralih profesi menjadi seorang wartawan. Kini, Rudy dianggap sebagai salah seorang ikon seperti halnya kartunis GM Sudarta. Ia diketahui memiliki gaya bertutur yang menawan.

Selain itu, Rudy berkawan dekat dengan Soe Hok Gie yang menulis buku Catatan Seorang Demonstran. Dalam buku, namanya beberapa kali disebut oleh Hok Gie. Keduanya juga sering mendaki gunung bersama teman-teman lain.


Namun hubungan Rudy dengan Indro sebagai satu-satunya personel Warkop yang tersisa masih terjalin dekat. Keduanya terlihat hadir di acara peluncuran buku tentang Warkop beberapa tahun lalu.

Pada Kamis (11/7) pagi, Rudy dikonfirmasi meninggal dunia. Saat ini, jenazah disemayamkan di RS Dharmais, Jakarta.

[Gambas:Video CNN] (rea)