5 Rekomendasi Drama Korea tentang Pelecehan Seksual

CNN Indonesia | Sabtu, 13/07/2019 20:49 WIB
5 Rekomendasi Drama Korea tentang Pelecehan Seksual Kasus yang menjadi permasalahan utama dalam drama 'Signal' diangkat dari kasus di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada 1986-1991. (Dok. tvN via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah selebritas Korea Selatan harus menghadapi proses hukum atas dugaan pelecehan seksual. Mulai dari aktor Kang Ji-hwan, solois Jung Joon-young, anggota boyband BAP Himchan, serta mantan leader FT Island Choi Jong-hoon.

Industri drama Korea kerap terinspirasi menjadikan permasalahan di dunia nyata ini menjadi sebuah tontonan yang menarik. Berikut lima rekomendasi drama Korea yang mengangkat kasus pelecehan seksual:


Witch's Court


Drama ini menjadi salah satu yang layak ditonton karena memberikan gambaran bahwa pelecehan seksual bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk laki-laki.

Drama yang dibintangi Jung Ryeo-won dan Yoon Hyun-min ini menceritakan kisah seorang jaksa penuntut yang materialistis hingga memalsukan bukti serta keterangan dipindahkan ke satuan tugas khusus menangani kejahatan seksual.

5 Rekomendasi Drama Korea tentang Pelecehan SeksualWitch's Court menjadi salah satu yang layak ditonton karena memberikan gambaran bahwa pelecehan seksual bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk laki-laki.  (Dok. KBS via imdb.com)
Dalam perjalanannya, jaksa penuntut ini menemukan fakta terkait kekerasan seksual yang melibatkan orang tuanya.

Jung Ryeo-won memenangkan Best Actress dalam KBS Drama Awards 2017 melalui drama ini.

[Gambas:Youtube]

Signal

Drama yang diadaptasi dari kisah nyata ini sangat menarik untuk ditonton di akhir pekan. Kasus yang menjadi permasalahan utama dalam drama ini diangkat dari kasus di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada 1986-1991.

Saat itu, 10 perempuan mulai dari nenek berumur 71 tahun hingga anak sekolah berusia 13 tahun menjadi korban pemerkosaan yang kemudian dibunuh.
5 Rekomendasi Drama Korea tentang Pelecehan SeksualKasus yang menjadi permasalahan utama dalam drama 'Signal' diangkat dari kasus di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada 1986-1991. (Dok. tvN via imdb.com)
Drama yang dibintangi Lee Je-hoon, Kim Hye-soo dan Choi Jin-woong ini menceritakan kerja sama detektif di zaman dahulu dan zaman sekarang dalam memecahkan kasus pemerkosaan dan pembunuhan melalui walkie-talkie.

Drama ini memenangkan penghargaan Best Drama serta Best Screenplay dalam BaekSang Arts Awards 2016.

[Gambas:Youtube]


Your Honor

Tak seperti dua drama sebelumnya yang cukup menegangkan tapi menarik ditonton tiap episodenya, Your Honor merupakan drama bergenre komedi dengan banyak pesan di dalamnya.

Your Honor mengisahkan kehidupan anak kembar yang benar-benar bertolak belakang, Han Kang-ho seorang yang sering terjerat kasus hukum dan dipandang sebelah mata oleh keluarga serta Han Soo-ho yang menjadi anak kesayangan keluarga karena menjadi seorang hakim.
5 Rekomendasi Drama Korea tentang Pelecehan SeksualYour Honor mengisahkan kehidupan anak kembar yang benar-benar bertolak belakang.  (Dok. iHQ via imdb.com)
Cerita mulai seru ketika Soo-ho menghilang dan Kang-ho menggantikannya sebagai hakim. Saat itu, Kang-ho bertemu dengan Song So-eun (Lee Yoo-young) yang kerap menjadi korban pelecehan seksual.

Drama ini menunjukkan seseorang yang berstatus sosial tinggi juga bisa melakukan pelecehan seksual.

[Gambas:Youtube]

Fool's Love

Drama bergenre komedi ini menceritakan kisah Kang Ho-gu, seorang pria baik hati dan polos yang tak pernah memiliki pacar. Ia kerap diolok-olok teman bahkan kakak kembarnya sendiri akibat hal itu.

Kisah semakin menarik untuk diikuti ketika Ho-gu bertemu Do Do-hee, seorang atlet renang nasional Korea Selatan yang pernah ia sukai saat remaja dalam acara reuni sekolah.
5 Rekomendasi Drama Korea tentang Pelecehan SeksualDrama yang dibintangi Choi Woo-shik dan Uee ini diadaptasi dari webtoon berjudul Hogu's Love karya Yoo Hyun-sook.  (Dok. CJ E&M via imdb.com)
Ia pun kembali berusaha untuk dekat dengan impiannya tanpa mengetahui Do-hee memiliki rahasia kelam.

Drama yang dibintangi Choi Woo-shik dan Uee ini diadaptasi dari webtoon berjudul Hogu's Love karya Yoo Hyun-sook.

[Gambas:Youtube]

Something in The Rain

Drama yang dirilis tahun lalu ini menarik perhatian banyak penonton bahkan setelah tamat.

Para penggemar hingga berharap dua pemeran utama Son Ye-jin serta Jung Hae-in bisa menikah seperti Song Hye-kyo dan Song Joong-ki yang bertemu dalam drama Descendants of the Sun.
5 Rekomendasi Drama Korea tentang Pelecehan SeksualPara penggemar hingga berharap dua pemeran utama Son Ye-jin serta Jung Hae-in bisa menikah seperti Song Hye-kyo dan Song Joong-ki yang bertemu dalam drama Descendants of the Sun.  (Dok. JTBC/Netflix via imdb.com)
Son Ye-jin berperan sebagai perempuan berumur 30-an yang jatuh cinta kepada adik temannya, Jung Hae-in. Permasalahan dalam drama ini cukup kompleks, mulai dari perbedaan usia pasangan, keluarga dan lingkungan kerja.

Drama ini menunjukkan pelecehan seksual yang terjadi di tempat kerja, seperti saat pekerja perempuan terpaksa diam agar tak bermasalah dengan petinggi-petinggi perusahaan.

[Gambas:Youtube] (chri/end)