Kena Banyak Kasus, YG Ganti Rugi Rp842 M ke Louis Vuitton

Tim, CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 11:39 WIB
Citra yang menurun akibat terlibat dalam banyak skandal, YG Entertainment disebut mesti ganti rugi ke Louis Vuitton sebesar lebih dari Rp800 miliar. Citra yang menurun akibat terlibat dalam banyak skandal, YG Entertainment mesti ganti rugi ke Louis Vuitton sebesar lebih dari Rp800 miliar. ( Dok. YG Entertainment via Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- YG Entertainment disebut sedang menyiapkan 67 miliar won atau sekitar Rp842,77 miliar untuk pembayaran kembali investasi dari perusahaan barang mewah Louis Vuitton Moe Hennessy (LVMH).

YG menyiapkan pembayaran tersebut menggunakan arus kas mereka sendiri karena sedang mengalami kesulitan mengkonversikan saham mereka yang jatuh dalam empat hari terakhir.

Harga saham YG dilaporkan menurun 14,1 persen dari 43.250 won menjadi 37.150 won. Harga saham YG menurun lebih dari 40 persen dalam enam bulan terakhir.


Hal itu menyusul serangkaian kasus dan skandal yang melibatkan sejumlah oknum dalam YG Entertainment. Dimulai dari mantan anggota BIGBANG Seungri atas dugaan penyediaan pelayanan prostitusi dalam 'Burning Sun' hingga pajak.


Mantan CEO YG Entertainment Yang Hyun-suk juga diduga terlibat skandal prostitusi.

Kondisi diperburuk dengan dugaan keterlibatan mantan leader iKON Kim Han-bin atau B.I atas dugaan penyalahgunaan narkotika.

Pada Oktober 2014, YG Entertainment menerima 61,15 miliar won dari Louis Vuitton dengan perjanjian mengubah saham menjadi cash lima tahun kemudian.

Jika LVMH memilih tidak mengubah saham dan meminta pembayaran. Dengan keputusan ini, YG harus membayar 67 miliar won ditambah bunga tahunan dua persen.

Melansir Allkpop, YG Entertainment menyatakan kondisi keuangan perusahaan tidak akan terpengaruh meski mereka harus membayar kembali investasi ini.


Sebelumnya, LV selalu bekerja sama dengan YG Entertainment dalam setiap perilisan produk fesyen terbaru. Saat berinvestasi, LV menyatakan artis-artis YG mewakili koleksi fesyen mereka.

Pada April 2018, beberapa artis YG Entertainment seperti Taeyang BIGBANG, CL, Mino WINNER, Seungyoon WINNER dan keempat mamber BLACKPINK menjadi model untuk merek asal Paris ini.

YG dan LVMH bahkan telah bekerja sama dalam album debut solo G-Dragon pada 2009. LV sepakat menjadi sponsor pakaian di proyek tersebut. (chri/end)