Konser BTS 'Dinginkan' Hubungan Korsel dan Jepang

Tim, CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 19:32 WIB
Konser BTS 'Dinginkan' Hubungan Korsel dan Jepang BTS selalu tampil maksimal dalam konser-konser mereka. (YOAN VALAT / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband Korea Selatan BTS telah menyelesaikan empat hari konser Love Yourself: Speak Yourself di Jepang pada 14 Juli lalu, dihadiri sekitar 210 ribu penggemar. Konser itu dilaksanakan selama dua hari di Osaka dan dua hari di Shizuoka.

Melansir Yonhap, hal itu mencatat tur dunia BTS di Jepang sebagai sebuah kesuksesan, meski saat ini hubungan kedua negara Jepang dan Korea Selatan sedang memanas.

Sebelum Jepang, grup buatan Big Hit Entertainment ini terlebih dahulu tur ke Amerika Serikat, Brasil, Inggris dan Prancis. Namun, untuk penggemar di Negeri Matahari Terbit, mereka punya hal spesial. 


J-Hope dan rekan-rekannya memilih menampilkan lagu hit terbaru Boy With Luv dalam versi Jepang secara langsung. Itu merupakan satu dari tiga lagu yang dirilis dalam single Jepang BTS pada 3 Juli lalu.

Lagu tersebut mencetak rekor sebagai artis asing pertama di Jepang yang menghasilkan 637 ribu poin dalam tangga lagu mingguan Oricon pada 1-7 Juli.

Big Hit menyatakan konser di Shizuoka akan ditampilkan secara langsung di 277 bioskop Jepang.

Pada Januari dan Februari 2019, BTS sudah singgah di Jepang untuk tur Love Yourself. Tur yang dilakukan di empat kota itu dihadiri sekitar 380 ribu fan yang terus-menerus meneriakkan nama sang idola.

Hubungan perdagangan Korea Selatan dan Jepang memanas setelah pengadilan Seoul memerintahkan perusahaan-perusahaan Jepang memberikan kompensasi kepada warga Korea yang menjadi korban kerja paksa semasa perang.

Jepang kemudian membatasi ekspor bahan-bahan penting untuk semikonduktor ke Korea Selatan pada awal Juli dan diprediksikan masih akan membatasi ekspor lebih lanjut.

Panasnya hubungan bilateral ini dinilai sudah meresap hingga ke masyarakat seperti warga Korea Selatan yang mulai memboikot produk buatan Jepang.

Namun, Big Hit Entertainment mengatakan hal itu tak menurunkan semangat penggemar BTS untuk menikmati konser.

"Kami berterima kasih kepada ARMY (penggemar BTS) Jepang yang mendukung kami sejak debut hingga single terbaru kami. Waktu yang kami habiskan bersama ARMY adalah yang terbaik. Kami berterima kasih kepada kalian yang menikmati penampilan kami," ucap Big Hit mengutip BTS.

Setelah Jepang, BTS akan melanjutkan konser ke King Fahd di Riyadh, Arab Saudi pada 11 Oktober. Tur dunia ini ditutup di Olympic Stadium, Seoul, Korea Selatan pada 26,27, dan 29 Oktober.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)