Pengadilan Batalkan Kasus Kekerasan Seksual Kevin Spacey

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 04:35 WIB
Pengadilan Batalkan Kasus Kekerasan Seksual Kevin Spacey Kevin Spacey. (Tim P. Whitby/Getty Images for Sony Pictures /AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jaksa membatalkan dakwaan terhadap aktor Kevin Spacey atas tuduhan kekerasan seksual. Dilansir dari AFP, pembatalan ini dilakukan karena penolakan korbannya untuk bersaksi.

William Little menuduh aktor berusia 59 tahun itu meraba-raba dia di sebuah bar di pulau resor mewah Nantucket pada Juli 2016.

Tetapi jaksa penuntut Massachusetts mengajukan pemberitahuan resmi tentang pengabaian atas penyerangan tidak senonoh dan tuduhan karena tidak tersedianya saksi yang mengeluh.


Little memilih untuk memohon Amandemen Kelima, yang memungkinkan saksi dan terdakwa tidak bersaksi agar tidak memberatkan diri mereka sendiri, setelah terungkap bahwa ponselnya bukti kunci dalam kasus ini mungkin telah hilang.
Little mengatakan dia mengambil video smartphone dari insiden itu, yang katanya terjadi ketika dia berusia 18 tahun di sebuah bar dan restoran.

Tetapi telepon, yang ingin diperiksa oleh pihak pembela, telah hilang, seperti dikonfirmasikan oleh Little dan orang tuanya, yang juga dipanggil untuk bersaksi.

Seorang petugas polisi mengatakan dia mengembalikan telepon ke keluarga setelah mengambil semua informasi tetapi mengakui dia lalai untuk meminta tanda terima setelah kembali. Keluarga mengatakan mereka tidak pernah menerimanya.
Ibu Little, Heather Unruh, seorang pembawa acara berita televisi yang dikenal di wilayah Boston, mengakui dia telah menghapus beberapa foto yang berpotensi memalukan sebelum memberikan telepon kepada polisi. Namun, dia mengatakan tidak menghapus apa pun yang berkaitan dengan dugaan penyerangan tersebut.

Spacey bersikeras tidak bersalah atas dakwaan, yang akan membawa hukuman hingga lima tahun penjara.

Tuduhan pelanggaran seksual terhadap pemenang Oscar dua kali itu adalah satu dari lebih dari selusin yang muncul sejak 2017 setelah gerakan #MeToo di Amerika Serikat dan Inggris dengan efek yang menghancurkan karir aktingnya.

Dia dikeluarkan dari pemeran seri "House of Cards" yang populer dan dari peran utama dalam sutradara Ridley Scott "All the Money in the World," dengan Christopher Plummer dimasukkan sebagai pengganti detik-detik terakhir. (age/age)