Legenda Horor John Carpenter Garap Komik 'Joker'

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 19/07/2019 15:39 WIB
Legenda Horor John Carpenter Garap Komik 'Joker' Joker bakal muncul dalam komik yang spesial dikerjakan oleh legenda horor John Carpenter. (dok. Warner Bros Pictures via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembuat film horor legendaris John Carpenter disebut bakal menulis komik tentang musuh bebuyutan Batman, Joker.

Hal itu diumumkan langsung oleh DC Comics. Carpenter yang memberikan sentuhan emasnya di film Halloween dipastikan bergabung dalam serial Year of the Villain, dengan menulis sebuah one-shot komik, atau komik lepasan.

Kisah tentang Joker ini dijadwalkan rilis pada 9 Oktober mendatang. Ilustrasi dipegang oleh Philip Tan dan Marc Deering.


NME melaporkan, Carpenter direncanakan menulis komik tersebut bersama Anthony Burch, rekan lama yang pernah bekerja sama bareng Carpenter dalam komik Big Trouble In Little China: Old Man Jack. Pada 1986, komik ini diangkat menjadi film dan dibintangi oleh Kurt Russell.

"Joker itu musuh terbaik di komik," kata Carpenter, yang dirumorkan bakal mengerjakan dua sekuel terbaru Halloween, sekaligus berperan sebagai komposer musik kedua film itu.

Legenda Horor John Carpenter Garap Komik 'Joker'Beberapa tahun belakangan, karakter Joker ditampilkan lebih gelap dan suram. (dok. Warner Bros Pictures via YouTube)

"Komik terbaru ini menempatkan Joker dalam misi untuk mendapatkan kembali kesombongannya di dunia yang sudah cukup buruk dengan menyingkirkan semua orang. Ia membuktikan bahwa kejahatan terbesar selalu yang membuat mereka tertawa," ujarnya lagi.

Belakangan ini tampaknya DC Comics menampilkan karakter Joker dengan penggambaran lebih gelap. Film Joker mendatang yang akan menampilkan Joaquin Phoenix pun mendapat rating R, alias anak-anak harus didampingi orang dewasa saat menontonnya. Artinya, ada konten dewasa dalam film.

Film Joker itu sekaligus menjadi aksi live-action Batman pertama yang mendapat rating R.

Sebelumnya, sutradara Joker Todd Phillips mengungkapkan ia takkan mengikuti alur seperti dalam komik. Bahkan menurutnya, ia akan 'mengecewakan' penggemar yang berharap aksi Joker serupa komik seri DC Comics pada 1975-1976.

Phillips memilih untuk menentukan sendiri jalan cerita Joker. "Kami menulis versi kami sendiri tentang dari mana pria seperti Joker mungkin berasal. Itu menarik buat saya. Kami tidak menggarap tentang Joker, tetapi cerita bagaimana Joker menjadi Joker," katanya.

[Gambas:Video CNN] (rea)