Tak Rampung Kuliah, Ellie Goulding Terima Gelar Doktor

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 04:46 WIB
Tak Rampung Kuliah, Ellie Goulding Terima Gelar Doktor Ellie Goulding menerima gelar doktoral meski ia tak menuntaskan kuliahnya. (REUTERS/David McNew)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Ellie Goulding tersenyum lebar. Akhirnya ia memperoleh gelar dari Universitas Kent, sekolah yang dulu ditinggalkannya demi mengejar karier musik. Gelar doktor kehormatan itu ia terima pada Kamis (18/7).

Pada 2006 silam, Goulding terdaftar sebagai mahasiswi jurusan drama dan teater. Di sana, ia bertemu dengan Starsmith, salah satu produser yang bersama-sama mengerjakan album debut Lights yang mendapat sukses besar. Goulding yang meninggalkan kampus, mengejar mimpinya menjadi seorang penyanyi di tahun terakhirnya pada 2008.


Saat itu, ia mengirim surel kepada dosen drama, memberi tahu tentang keputusannya itu, serta mengundang sang dosen untuk mendengar musiknya di MySpace.


Di acara penganugerahan, Goulding yang mendapat gelar Doktor Seni menaiki podium dengan wajah berseri-seri, sebelum memberi sedikit pidato. Ia mengaku, dirinya 'bukanlah murid paling lurus' di kampus, dan sebagai hasilnya, ia 'tak pernah mengalami kegembiraan yang luar biasa ini... dan sangat lega karena sudah lulus'.

"Saya memutuskan untuk mengikuti insting dan mengejar ambisi musikal yang sedihnya, artinya waktu saya tak lama di sana (kuliah). Hari ini saya kembali, melengkapi lingkaran selama 11 tahun ini, setelah saya membersihkan kamar garasi kecil saya di Kemsing Gardens dan itu rasanya menyenangkan sekali," kata pelantun Burn tersebut.

Keputusan Ellie Goulding mengejar mimpi ternyata tak salah. (REUTERS/Andrew Kelly)

Dalam kesempatan yang sama, Goulding juga meminta maaf kepada dosen drama atas surel perpisahan di atas, yang disebutnya 'ditulis dalam kondisi emosional'.

Goulding menerima gelar doktoral Universitas Kent bersama 12 orang lain. Di antaranya, ada penampil Patience Agbabi, konservator biologi Profesor Carl Jones, ahli angkasa Inggris Libby Jackson, sampai editor ekonomi BBC Stephanie Flanders.

Baru-baru ini, wanita 32 tahun tersebut merilis single terbaru Hate Me bersama Juice WRLD. Sebelumnya, ia telah memiliki Flux dan Sixteen. Goulding dilaporkan tengah mempersiapkan album keempat yang dijadwalkan rilis tahun ini. Pada 2015, ia menjadi nomine dalam kategori Best Pop Solo Performance di Grammy Award untuk lagu Love Me Like You Do.

[Gambas:Video CNN] (rea)