FOTO: Perayaan 50 Tahun San Diego Comic-Con

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 21/07/2019 12:31 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ajang budaya pop San Diego Comic-Con tahun ini memasuki tahun ke-50. Selama itu pula, acara ini jadi momen penting bagi pencinta komik dan film.

Ajang pencinta komik dan fantasi San Diego Comic-Con tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-50. Selama setengah abad, acara ini terus jadi favorit bagi pencinta karakter komik dan film. (REUTERS/Mike Blake)
San Diego Comic-Con pertama kali digelar pada 21 Maret 1970 dengan nama asli Golden State Comic Book Convention, dan dikenal dengan San Diego Comic Book Convention. (Photo by Chris Pizzello/Invision/AP)
Sejak berdiri, acara ini merupakan acara tahunan yang digelar setiap musim panas di San Diego Convention Center selama empat hari. (REUTERS/Mike Blake)
Dulu ketika digelar pertama kali, acara ini hanya dihadiri oleh sekitar 300 orang selama empat hari. Kini, ratusan ribu orang memadati. (REUTERS/Mike Blake)
Tercatat, pada 2015 lalu merupakan jumlah kunjungan tertinggi yaitu mencapai 167 ribu orang selama penyelenggaraan ini berjalan. (REUTERS/Mike Blake)
Forbes pernah menyebut bahwa San Diego Comic-Con merupakan yang terbesar dalam bidangnya di dunia, sedangkan Publishers Weekly menyebut acara ini sebagai yang terbesar di Amerika Serikat. (Matt Winkelmeyer/Getty Images/AFP)
Acara Comic-Con sendiri sebenarnya hanya momen pameran para produsen komik maupun karya seni budaya pop untuk memamerkan produknya kepada publik, terutama dengan penggemar. (REUTERS/Mike Blake)
Namun seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan San Diego Comic-Con, bukan hanya produsen komik melainkan juga dunia perfilman ataupun pertelevisian. Konsep SDCC ini pun menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. (REUTERS/Mike Blake)