Trailer Perdana Gundala: Kemarahan dan Petir Sancaka

CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 21:46 WIB
Trailer Perdana Gundala: Kemarahan dan Petir Sancaka Salah satu adegan dalam film Gundala. (dok Screenplay Films)
Jakarta, CNN Indonesia -- Trailer perdana film Gundala resmi meluncur pada Sabtu (20/7). Cuplikan ini menggoda penonton dan menyuguhkan sejumlah fakta-fakta soal latar, hingga kekuatan Sancaka, sang alterego Gundala.

Adegan ini dibuka dengan Sancaka kecil (Muzaki Ramdhan) yang terlihat basah kuyup dan tersengal-sengal sambil menunjukkan ekspresi marah. Adegan pun berpindah dan menunjukkan Sancaka kecil yang berlari dan dikejar sekerumunan orang. Diiringi oleh Narasi yang dibawakan oleh Awang (Faris Fadjar).

"Belajar buat ngurus hidup lo sendiri, karena kalau lo ikut campur urusan orang lain, hidup lo bakal susah," kata Awang.


Cuplikan langsung berganti pada adegan kerusuhan, kaca-kaca pertokoan elektronik dipecahkan sejumlah orang, seraya bus yang ditumpangi Sancaka dewasa (Abimana Aryasatya) berlalu di tengah-tengahnya.

Adegan kerusuhan ini semakin diperkuat dengan menampilkan petugas keamanan berbaju lengkap yang menyerang kerumunan massa. Kerusuhan itu seolah menampilkan latar cerita Indonesia sedang kacau. Hal itu pun semakit diperkuat dengan narasi yang menyebut bahwa satu negara akan hancur.

Karakter Sancaka alias Gundala diperankan oleh aktor Abimana Aryasatya. Karakter Sancaka alias Gundala diperankan oleh aktor Abimana Aryasatya. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
"Enggak ada yang bisa diharapkan di Jakarta ini San," kata salah satu karakter.

"Entar juga satu negara hancur pada bunuh-bunuhan," kata karakter lainnya.

Saat sang sutradara, Joko Anwar ditanya soal latar waktu, ia menyebut bahwa kejadian di film itu terjadi di tahun 2019.

"Ini bukan 1998 tahun sekarang setting-nya tahun sekarang 2019," katanya di peluncuran Trailer Perdana, di Jakata, Sabu (20/7).

Selain kerusuhan, trailer perdana Gundala juga menyuguhkan aksi Sancaka menggunakan kekuatannya. Digambarkan dalam trailer itu, Sancaka tengah melawan tiga orang yang menggunakan kapak. Mereka digambarkan terpelanting oleh listrik yang keluar dari tangannya.

Sancaka yang tengah menggunakan kostum pun ditampilkan dalam trailer ini. Ia diperlihatkan tengah beradu pukul dengan musuhnya menggunakan kostum berwarna cokelat.

Sutradara film Gundala, Joko Anwar.Sutradara film Gundala, Joko Anwar. (Dok. HBO Asia)
Musuh bebuyutan Gundala pun ditampilkan di trailer ini. Salah satu antagonis yang paling banyak ditampilkan adalah Pengkor (Bront Palarae). Diketahui, Gundala memiliki sejumlah musuh dalam komik karya Hasmi. Mereka adalah Bocah Atlantis, Doktor Setan, Ki Wilawuk, Pengkor, dan Xrephus.

Sejumlah adegan seperti kerusuhan, kongkalikong antar tokoh antagonis, Sancaka kecil berlatih beladiri, hingga Sancaka dewasa bertelanjang dada ditampilkan dalam trailer ini. Trailer pun ditutup dengan adegan Sancaka yang tengah tersambar petir.

Dalam trailer ini Gundala seakan digambarkan sebagai sosok patriotik di tengah kekacauan yang terjadi. Patriotisme ini sendiri, kata Joko, tidak akan digambarkan secara klise.

"Enggak klise yang pasti," kata Joko.

(SAH/arh)